FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 02-2021

    4019

    [MISINFORMASI] Informasi Daftar Harga Pelayanan Vaksin Covid-19 RS Pelni

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar sebuah infografis terkait penawaran tindakan vaksin Covid-19 oleh RS Pelni. Informasi tersebut turut mencantumkan sejumlah varian vaksin Covid-19 beserta harga dan keterangan usia penerima, dosis, dan jarak antar vaksin mulai dari Sinovac, Moderna, Pfizer, AstraZeneca, Novavax dan Sinopharm.

    Berdasarkan keterangan tertulis dalam Siaran Pers yang diterbitkan PT Pertamina Bina Medika IHC selaku holding yang menaungi PT. RS Pelni, dinyatakan bahwa informasi yang beredar mengenai layanan vaksin Covid-19 RS Pelni tersebut adalah benar dikeluarkan oleh RS Pelni pada 2 Februari 2021. Namun, sesuai dengan Peraturan Presiden terkait pengadaan dan pelaksanaan vaksin Covid-19, IHC dan grup rumah sakit dibawahnya termasuk RS Pelni tidak memiliki wewenang untuk melakukan pengadaan vaksin Covid-19. Dengan adanya kesalahpahaman tersebut, holding RS BUMN itu telah memutuskan untuk menarik informasi yang beredar tersebut.

    Berkaitan dengan adanya harga beberapa vaksin Covid-19, informasi tersebut bukan merupakan informasi resmi, karena sampai dengan hari ini program vaksin Covid-19 yang berjalan adalah program vaksin dari pemerintah yang diberikan secara gratis. Selain itu, seluruh program vaksin berada dibawah kewenangan Kementerian Kesehatan, dan belum ada peraturan resmi berkaitan dengan program vaksin Covid-19 mandiri. 

    KATEGORI: MISINFORMASI

    Link Counter:

    Keterangan Tertulis dalam Siaran Pers yang diterbitkan PT. Pertamina Bina Medika IHC pada tanggal 2 Februari 2021.

     

    Berita Terkait

    [HOAKS] Dokter Anjurkan untuk Suntik Vaksin Covid-19 di Alat Kelamin Pria

    Selengkapnya

    [HOAKS] Puan Maharani Bacakan Hak Angket Pemakzulan Presiden Joko Widodo

    Selengkapnya

    [HOAKS] Thailand Peringatkan Vaksinasi Covid-19 Sebabkan Kanker dan Tumor Otak

    Selengkapnya

    [HOAKS] Data Vaksin Covid-19 Penyebab Peningkatan Penyandang Disabilitas

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA