FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 01-2021

    2032

    [DISINFORMASI] Video Penyuntikan Kamala Harris adalah Bukti Kebohongan Vaksinasi Covid-19

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar unggahan video di media sosial yang memperlihatkan momen ketika Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris menerima suntikan Vaksin Covid-19 dari seorang petugas medis dan diklaim sebagai bukti kebohongan vaksinasi Covid-19. Dalam video tersebut, petugas medis itu terlihat melipat sebuah bagian yang terdapat di alat suntik dengan bantuan pegangan kursi yang diduduki Harris. Unggahan itu juga disertai narasi “Sadarlah Kebohongan sedang di lancarkan ke publik!!!".

    Berdasarkan penelusuran cek fakta Tempo.co, klaim bahwa video yang memperlihatkan Wapres AS Kamala Harris disuntik tersebut merupakan bukti kebohongan vaksinasi Covid-19 adalah keliru. Dalam video yang sama, namun dengan kualitas yang lebih tinggi, ketika petugas medis mencabut bagian penutup alat suntik, terlihat secara jelas bahwa terdapat jarum di alat suntik tersebut. Setelah vaksin disuntikkan, petugas medis itu memang tampak melipat bagian berwarna merah muda yang terdapat di ujung alat suntik. Namun, bagian itu merupakan sebuah mekanisme keamanan pada alat suntik. Bagian ini berfungsi untuk melindungi pasien atau petugas medis dari cedera dan infeksi. Alat suntik berpengaman telah digunakan secara luas selama lebih dari satu dekade.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    -https://cekfakta.tempo.co/fakta/1220/keliru-klaim-video-kamala-harris-yang-disuntik-ini-bukti-kebohongan-vaksinasi-covid-19

     

     

     

     

     

    Berita Terkait

    [HOAKS] Video Pengeroyokan Begal di Kecamatan Jeunieb, Provinsi Aceh

    Selengkapnya

    [HOAKS] Thailand Peringatkan Vaksinasi Covid-19 Sebabkan Kanker dan Tumor Otak

    Selengkapnya

    [HOAKS] Wabah Pneumonia di Cina adalah Varian Baru Covid-19

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Pemalsuan Formulir C1 di Medan Denai saat Pilpres 2019

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA