FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 01-2021

    1503

    HPN 2021, Momentum Sebarkan Informasi Positif Penanganan Covid-19

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 harus dijadikan sebagai ajang memperkuat jalinan kerja sama antara pemerintah dengan segenap insan pers. Menurut Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo hal itu terutama dalam menyebarluaskan informasi positif yang berkaitan dengan penanganan Covid-19 di tanah air.

    "Menjadi instrumen penting untuk bersama-sama memberikan edukasi dan sosialisasi terkait dengan penanganan Covid-19," ujarnya dalam tayangan virtual Ngobrolin HPN 2021 di Tengah Pandemi C-19 dari Jakarta, Sabtu (30/01/2021).

    Dalam kegiatan yang dilaksanakan Monumen Pers Solo itu, Dirjen Widodo menilai sinergitas antara pemerintah dengan insan pers akan membawa efek yang positif terhadap perlawanan melawan wabah global ini. Menurutnya, terdapat dua hal yang berpotensi terpengaruh oleh kerja sama yang terjalin antar keduanya yakni sektor kesehatan dan pertumbuhan ekonomi.

    "Dari sisi kesehatan, informasi yang bersifat positif akan menekan jumlah kasus positif terinfeksi pandemi. Sehingga, hal tersebut mendorong upaya pemerintah dalam memutus penyebaran wabah global ini secara efektif Dari sisi ekonomi, informasi tentang kebijakan pemerintah yang telah optimal dalam membantu masyarakat yang terdampak. Dari mulai bantuan tunai hingga kredit bagi para pelaku UMKM yang terdampak," jelasnya.

    Dirjen IKP menyatakan  melalui jalinan kerja sama antara keduanya akan menyebarkan setiap informasi positif dari sudut pandang optimisme. Karena, saat ini, asupan informasi yang bersifat seperti itu sangat dibutuhkan oleh khalayak ramai pada umumnya.

    Semangat optimistisme yang dibagikan secara masif tentunya akan membuat masyarakat semakin termotivasi dalam memenangi perang melawan wabah berbahaya ini. Hal tersebut, menurut Dirjen Widodo akan membuka peluang memutus penyebaran dalam waktu yang relatif lebih singkat.

    "Jadi ini membutuhkan pemahaman optimisme bersama. Arahan Bapak presiden, kita diminta harus punya optimisme jangan sampai kalah dan jangan sampai menyerah," katanya.

    Berita Terkait

    Komputer Penyebar Konten Misinformasi Dinonaktifkan? Awas Hoaks!

    Tidak ditemukan pemberitaan dengan sumber kredibel mengenai penonaktifan komputer yang kerap menyebar konten antimainstream untuk mencegah s Selengkapnya

    Awas Hoaks! Informasi Tenggat Penguruan STR Seumur Hidup

    Klaim terkait pengurusan STR Seumur Hidup bagi named dan nakes sebelum tanggal 1 Februari 2024 adalah tidak benar. Selengkapnya

    Wamenkominfo akan Bincang Transformasi Digital dengan Sivitas STMM

    Wamenkominfo akan berbincang dengan sivitas STMM Yogyakarta mengenai transformasi digital yang mencakup tangan dan antisipasi perubahan indu Selengkapnya

    Puji WHOOSH, Menteri Budi: Momentum Kemajuan Transportasi Publik

    Menkominfo optimis jalur KCJB dapat terhubung ke beberapa kota lain selain Jakarta-Bandung. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA