FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 01-2021

    352

    Menkominfo Ungkap Keyakinan akan Daya Saing Milenial Indonesia

    Kategori Berita Kominfo | Irso
    Menteri Kominfo Johnny G. Plate saat mewakili Presiden Joko Widodo memberikan Keynote Speech pada acara Online Scholarship Competition Medcom Virtual Awards 2020, diselenggarakan oleh Medcom.id di Studio Metro TV, Jakarta, Jum’at (29/01/2021). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan keyakinannya atas kemampuan dan daya saing generasi milenial untuk menopang Indonesia Maju. Bahkan. Menteri Kominfo optimis dan yakin bahwa milenial mampu bersaing di arena global.

    “Keyakinan akan masa depan Indonesia yang lebih baik juga didasari atas kepercayaan bahwa anak-anak sekalian, adalah generasi penerus bangsa yang kompetitif, yang mempunyai kemampuan dan daya saing yang kuat. Ini bukan ungkapan kosong belaka,” ujarnya mewakili Presiden Joko Widodo memberikan Keynote Speech pada acara Online Scholarship Competition Medcom Virtual Awards 2020, diselenggarakan oleh Medcom.id di Studio Metro TV, Jakarta, Jum’at (29/01/2021).

    Kepada peserta OSC Medcom Virtual Awards 2020, Menteri Johnny menegaskan bahwa pencapaian yang ditorehkan tentu tidak bisa dilihat sebagai prestasi yang biasa saja. Bahkan, Presiden Joko Widodo memiliki keyakinan yang kuat kalau generasi milenial Indonesia tidak kalah bersaing dengan milenial negara lain.  

    “Presiden yakin dan optimis bahwa generasi penerus bangsa kita mempunyai kemampuan yang baik, mempunyai kemampuan yang hebat dan kepada mereka lah kita bersama titipkan masa depan bangsa dan negara kita,” ungkapnya.

    Menteri Kominfo menjelaskan, berdasarkan Sensus Penduduk tahun 2020 dari Badan Pusat Statistik (BPS), memperlihatkan bahwa generasi Z merupakan generasi dengan komposisi penduduk terbanyak di Indonesia, yakni proporsi 27,94% atau setara sekitar 75 juta jiwa.

    “Suatu kekuatan sumber daya manusia yang luar biasa, karena saat ini usia produktif di Indonesia diisi oleh generasi X yang berusia antara 40 sampai 55 tahun, dan generasi milenial yang juga berusia pada 24 sampai dengan 39 tahun, serta sebagian dari generasi Z,” tandasnya.

    Generasi Z merupakan penduduk dengan kelahiran tahun 1995-2010 di mana saat ini berstatus sebagai mahasiswa dan pelajar.  Peserta OSC Medcom Virtual Awards 2020 sendiri merupakan generasi Z yang disiapkan menuju masa depan Indonesia.

    Atas dasar itu, Menteri Johnny menyatakan dalam 10-15 tahun kedepan, generasi X dan generasi milenial secara perlahan akan diganti oleh generasi Z yang akan sepenuhnya menjadi angkatan kerja produktif Indonesia, “Dan karenanya kita bersama tidak punya pilihan lain selain menyiapkan mereka dengan sebaik-baiknya,” ujarnya

    Siapkan Generasi Z

    Menurut Menteri Kominfo, pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai langkah-langkah dan upaya strategis guna mempersiapkan generasi Z menjadi generasi penerus bangsa. 

    “Setidaknya melalui upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia secara berkelanjutan, upaya perbaikan mutu ini terbukti secara cukup signifikan,” ujarnya.

    Pada tahun 2018, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) mencatat tingkat literasi penduduk Indonesia usia 15 tahun ke atas mencapai 95,7% dari populasi, “Di tahun yang sama, UNESCO juga memperlihatkan bahwa rata-rata anak-anak di Indonesia diproyeksikan untuk menempuh pendidikan sepanjang 13,6 tahun, lebih dari kewajiban belajar 12 tahun,” jelasnya.

    Menurut Menteri Johnny, catatan UNESCO itu menjadi penanda Indonesia sebagai salah satu negara dalam kualifikasi high human development, berdasarkan Standar Human Development Indeks dengan skor 0,718 dari skala 0-1 dan menempati peringkat 107 dari 189 negara.

    “Pemerintah Indonesia juga terus melakukan penguatan tenaga pengajar, penyederhanaan kurikulum, serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran untuk meningkatkan skor PISA (Program for International Student Assessment) dalam beberapa tahun kedepan,” imbuhnya.

    Dalam kesempatan itu, Menteri Kominfo mewakili pemerintah memberikan dukungan dan menyampaikan terima kasih atas inisiatif Media Grup khususnya Medcom.id, yang bekerjasama dengan seluruh perguruan tinggi penyedia beasiswa Yayasan Surya Edukasi Bangsa, telah menyiapkan dengan baik seleksi OSC Medcom Virtual Awards 2020.

    Hadir secara virtual Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro, dan Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Arief Rachman. 

    Di studio Metro TV, hadir langsung Ketua Surya Edukasi Bangsa Foundation Mohammad Mirdal Akib, CEO Medcom.id Sutisyawinata, Pendidik dan Inisiator Jaringan Semua Murid Semua Guru Najela Shihab, serta Rektor dan Waki Rektor Perguruan Tinggi Swasta pendukung OSC Medcom Virtual Awards 2020 yang hadir secara virtual.

    Berita Terkait

    Menkominfo: Infrastruktur TIK Terdampak Bencana Alam Akan Kembali Normal

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seperti Base Transceive Selengkapnya

    Kunjungi Monumen Pers Nasional, Menkominfo Ungkap Kebanggaannya

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengunjungi Monumen Pers Nasional. Tiba di lokasi sekitar pukul 08.50 WIB, Menteri Johnny Selengkapnya

    Menkominfo Tunjuk Sekjen Mira Tayyiba jadi Plt Dirjen IKP

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menunjuk Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba sebagai Pelaksana Tugas (Pl Selengkapnya

    Menkominfo: Waspadai Infodemik di Kanal Komunikasi

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, meminta insan pers mewaspadai infodemik yang mengisi berbagai kanal komunikasi dengan ber Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA