FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 01-2021

    3654

    [HOAKS] Pendaftaran Pasukan Cadangan Ide Komunisme Bung Karno

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar pesan berantai yang membagikan sebuah tautan berita berjudul “Pendaftaran Pasukan Cadangan Segera Dibuka, Akan Diberi Pangkat dan Uang Saku, Ini Syaratnya” disertai dengan narasi “Siapa yg mau bantah kalau ini adalah idenya komunisme yg dulu pernah diusulkan oleh Bung Karno sebagai Angkatan ke 5???”

    Faktanya, Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Hariyono memberikan klarifikasi langsung melalui Kementerian Kominfo, bahwa narasi yang menyebut pendaftaran pasukan cadangan sebagai ide Komunis dari Bung Karno adalah hoaks. Adapun berita yang dibagikan berkaitan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) Untuk Pertahanan Negara. Dalam Pasal 91 ayat (1) PP tersebut ditegaskan bahwa Presiden berwenang mengerahkan warga negara untuk kepentingan pertahanan dan menjadi pasukan cadangan, yang kemudian kendalinya ada di bawah Panglima TNI. PP tersebut juga mengatur pembentukan Komponen Cadangan (Komcad), mobilisasi, hingga pembinaan kesadaran bela negara, yang merupakan serangkaian upaya pertahanan negara guna mempertahankan kedaulatan negara, meliputi keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman serta gangguan terhadap keutuhan negara.

    Dengan diundangkannya PP Nomor 3 Tahun 2021 tersebut, Juru bicara Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antarlembaga Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut Kemenhan akan segera memulai proses sosialisasi pembentukan Komcad, proses rekrutmen dan pelatihannya oleh TNI.

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter:

    Prof. Hariyono,  Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)

     

     

    Berita Terkait

    [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara Edi Damansyah

    Selengkapnya

    [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang

    Selengkapnya

    [HOAKS] Gebyar Undian Ramadhan oleh Bank Mandiri

    Selengkapnya

    [HOAKS] Pendaftaran Pesta Poin Berhadiah dari Bank Kalimantan Selatan

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA