FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 01-2021

    746

    [DISINFORMASI] Kepala BPOM Ditekan dan Diancam Untuk Keluarkan Izin Sinovac

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Telah beredar di media sosial YouTube sebuah unggahan video yang mengklaim bahwa Kepala BPOM ditekan dan diancam keluarkan izin Vaksin Sinovac. Video tersebut memperlihatkan pernyataan dari anggota Komisi IX DPR RI dari fraksi PKS, H. Ansori Siregar yang terlihat sedang memarahi Kepala BPOM. Dalam pernyataannya, Kepala BPOM dituduh bahwa adanya tekanan dan ancaman dari Pemerintahan mengenai izin darurat Vaksin Sinovac.

    Faktanya, dilansir dari Detik.com, Kepala BPOM Penny K. Lukito menegaskan bahwa isu terkait adanya penekanan terhadap BPOM untuk mengeluarkan Emergency Use Authorization (EUA) Vaksin Sinovac lebih cepat tidaklah benar. Penny menjelaskan, “ada beberapa data yang harus dikumpulkan untuk dapat menerbitkan EUA. Pertama data uji klinis fase 1 dan 2 dalam pemantauan yang full 6 bulan untuk menunjukkan keamanan dan imunogenitas vaksin. Ini untuk melengkapi, karena kita akan menerbitkan use authorization dengan data uji klinis fase III. Dengan analis pemantauan 3 bulan untuk menunjukkan keamanan, imunogenitas plus efikasi vaksin. Di mana standarnya dibolehkan minimal 50%,” paparnya.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5337050/bpom-buka-bukaan-soal-izin-darurat-hingga-efikasi-vaksin-sinovac?single=1

    https://www.tagar.id/alasan-bpom-keluarkan-izin-darurat-vaksin-sinovac/?c=

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] TMII Diambil Megawati dan Dijual ke Tiongkok

    Selengkapnya

    [HOAKS] Mayora Bagikan Hadiah untuk Rayakan Hari Jadi ke-50 tahun

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Anggota Brimob Meninggal Akibat Vaksin di Maluku

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Terdapat Cacing dan Ulat pada Masker Impor China

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA