FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 01-2021

    1583

    [HOAKS] Masyarakat Diminta Keluar dari Wilayah Mamuju Sulawesi Barat

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar sebuah pesan berantai melalui aplikasi chatting WhatsApp mengenai bencana alam di Mamuju Sulawesi Barat. Pesan berantai tersebut menjelaskan mengenai himbauan agar segera keluar dari daerah Mamuju karena akan ada bencana susulan. Informasi tersebut merupakan hasil dalam rakor malam yang dihadiri Gubernur, Forkopimda, BMKG Pusat serta Kepala BNPB Pusat, bahwa BMKG menargetkan akan ada gempa 7.0 SR atau bisa lebih yang berpotensi tsunami di daerah Mamuju.

    Berdasarkan penelusuran, informasi bahwa masyarakat diminta keluar dari wilayah Mamuju Sulawesi Barat adalah tidak benar atau hoaks. Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengklarifikasi bahwa informasi mengenai imbauan tersebut tidaklah benar. Dia menegaskan pemerintah sama sekali tidak pernah meminta masyarakat untuk keluar dari Mamuju. Dia menyatakan informasi yang dikeluarkan BMKG adalah imbauan masyarakat untuk menjauhi bangunan yang sudah roboh, sehingga diharapkan informasi itu dapat disikapi dengan baik dan tetap tenang. “Tidak pernah BMKG menyatakan hal seperti itu. Yang kami imbau adalah jauhilah bangunan-bangunan yang sudah runtuh. Jauhilah lereng yang rawan longsor dan cukup jauh dari pantai,” ujar Dwikorita.

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter:

    https://sulsel.idntimes.com/news/sulsel/ashrawi-muin/cek-fakta-hoaks-masyarakat-diminta-keluar-dari-wilayah-mamuju-sulbar/3

    Berita Terkait

    [HOAKS] Gelombang Tinggi Kembali Mengamuk di Wilayah Indonesia pada 25 Maret 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Kejari Kabupaten Taliabu

    Selengkapnya

    [HOAKS] Pendaftaran Pesta Poin Berhadiah dari Bank Kalimantan Selatan

    Selengkapnya

    [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Direktur Utama PDAM Lombok Tengah, Bambang Supratomo

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA