FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 01-2021

    171

    Dukung Produk Lokal dengan Membeli dan Mempromosikan

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo - Pemerintah mengajak masyarakat untuk mendukung produk lokal dengan melakukan pembelian dan promosi. Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan hal itu bisa dilakukan dalam setiap aktivitas keseharian.

    “Kita semua harus bangga menggunakan produk lokal di dalam kehidupan sehari-hari, termasuk untuk aktivitas kebugaran tubuh seperti bersepeda,” tutur dalam acara ‘Kembali Bersepeda untuk Indonesia Sehat dan Maju’ yang digelar Kementerian Perhubungan di Jakarta, Minggu (17/01/2021).

    Hadir secara virtual, Menko Luhut ikut serta memeriahkan acara bersepeda sekaligus pameran produk sepeda lokal yang dilaksanakan secara daring dan luring di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021.

    “Tentu kita tidak berhenti sampai di sini. Yang lebih penting lagi adalah aksi nyata kita mendukung dengan membeli produk-produk lokal. Semua dimulai dari kita, yang harus lebih dulu membeli, dan dengan bangga mempromosikan kepada rekan-rekan. Di sinilah semangat gotong-royong diwujudkan,” papar Menko Luhut.

    “Pada acara ini dipamerkan berbagai produk UMKM, terutama sepeda konvensional, sepeda listrik dan sepeda motor listrik buatan Indonesia. Kita mampu membuat desain-desain sesuai gaya hidup masyarakat, tentu ini sangat relevan. Selain itu, sebagai tuan rumah, kami mengupayakan agar tempat-tempat konektivitas dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kegiatan Gernas BBI pada bulan ini,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang berkesempatan meninjau lokasi pameran di Gambir.

    Acara yang berlangsung dari tanggal 17 s.d. 31 Januari 2021 ini memamerkan berbagai produk sepeda konvensional maupun bertenaga listrik karya anak bangsa. United Bike, Volta, Jarvis, Selis, Rakata, Uinfly, Dipa Bike, Petra Bike, Molisidi, BF Goodrich, Elbike dan Viar adalah sebagian brand yang ikut dipamerkan dalam acara ini. Turut ikut serta dalam pameran ini adalah berbagai UMKM binaan PT. Pelindo II, PT. KAI, PT. BRI dan Bank Indonesia.

    “Rangkaian kegiatan ini diharapkan menjadi momen upscalling UMKM, memperluas pembayaran digital melalui QRIS, dan memberi fokus pada Artisan Indonesia di masing-masing daerah. Kami berharap kerja sama dan kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah ini dapat membangkitkan kembali UMKM di sektor nasional,”  pungkas Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam sambutan virtual.

    Acara ini didukung oleh kementerian dan lembaga lainnya termasuk Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, PT. Kereta Api Indonesia, PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero), Bank Indonesia dan Bank BRI.

    Berita Terkait

    Buka Gelombang 12 Program Kartu Prakerja, Kembangkan Kompetensi dan Perlindungan Sosial Masa Pandemi

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto hari ini secara resmi membuka Gelombang 12 yang menandai dimulainya Program Kartu Selengkapnya

    Bendungan Napun Gete Pacu Produktivitas Pertanian dan Peternakan NTT

    Selesainya pembangunan Bendungan Napun Gete ini menyusul pembangunan bendungan lainnya di NTT, yakni Raknamo di Kupang dan Rotiklot di Belu, Selengkapnya

    Lumbung Pangan untuk Kesejahteraan Masyarakat NTT

    Lumbung pangan yang tengah dikembangkan di Kabupaten Sumba Tengah ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan indeks pertanaman sekal Selengkapnya

    Empat Langkah Pemda untuk Tangani Pandemi dan Dampak Covid-19

    Presiden Joko Widodo mengajak pemerintah kota untuk melakukan sejumlah langkah luar biasa dan mendesak untuk mengatasi pandemi Covid-19. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA