FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 01-2021

    216

    Banjir di Kalsel, Presiden Perintahkan Jajaran Segera Kirim Bantuan

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003
    Sejumlah relawan menggunakan perahu karet membantu evakuasi warga yang terdampak banjir di Desa Kampung Melayu, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (15/1/2021). Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor menyatakan peningkatan status siaga darurat menjadi tanggap darurat, keputusan itu diambil mengingat musibah banjir yang terjadi semakin meluas di beberapa daerah di Provinsi Kalimantan Selatan. - (antarafoto)

    Bogor, Kominfo - Presiden Joko Widodo telah mendapatkan laporan langsung melalui telepon dari Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) terkait dengan bencana banjir yang melanda wilayah tersebut. Presiden pun telah memerintahkan jajarannya, mulai dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (dahulu Basarnas), hingga TNI dan Polri untuk segera mengirim bantuan yang sangat dibutuhkan dalam penanganan bencana tersebut.

    Hal tersebut disampaikan Presiden saat memberikan keterangan pers sebelum menghadiri acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2021 secara virtual, dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/01/2021).

    “Ya tadi saya sudah menelepon Gubernur Kalimantan Selatan untuk mendapatkan laporan mengenai banjir yang ada di Kalimantan Selatan dan saya juga telah memerintahkan Kepala BNPB, telah memerintahkan juga kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk secepat-cepatnya mengirim bantuan, terutama yang berkaitan dengan perahu karet yang sangat dibutuhkan dalam penanganan bencana banjir di Kalimantan Selatan,” kata Presiden.

    Dalam kesempatan tersebut, Presiden kembali mengajak seluruh masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dari berbagai bencana, terutama banjir dan longsor karena akhir-akhir ini terjadi peningkatan curah hujan yang cukup ekstrem.

    “Perhatikan selalu peringatan dini dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika),” imbuhnya.

    Kepala Negara memastikan, dirinya akan terus memantau perkembangan sejumlah bencana yang terjadi di Tanah Air, seperti bencana tanah longsor di Sumedang, Jawa Barat, bencana gempa bumi di Majene, Sulawesi Barat, dan bencana banjir di Kalimantan Selatan.

    “Kita ingin baik pemerintah daerah, pemerintah pusat selalu hadir di tengah masyarakat dalam keadaan bencana ini,” tandasnya.

    Berita Terkait

    Presiden Ingatkan Jajaran Tetap Waspada pada Ancaman Karhutla

    Presiden mengapresiasi langkah cepat Pemerintah Provinsi Riau yang telah menetapkan status siaga darurat karhutla. Dengan langkah cepat ters Selengkapnya

    Tekan Kasus Covid-19, Pemerintah Terapkan PPKM Mikro Jadi Langkah Lanjutan

    Pemerintah mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang berbasis skala mikro (PPKM Mikro) yaitu hingga tingkat RT Selengkapnya

    Tingkatkan Efektivitas PPKM, Presiden Instruksikan Pendekatan Berbasis Mikro

    Presiden RI Joko Widodo memerintahkan jajarannya untuk melakukan upaya penanganan pandemi Covid-19 secara lebih efektif terutama dengan meng Selengkapnya

    Presiden Harapkan BSI Sejahterakan Umat dan Rakyat Indonesia

    Untuk menjangkau lebih banyak nasabah, produk dan layanan keuangan syariah milik Bank Syariah Indonesia harus kompetitif dan dapat memenuhi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA