FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 01-2021

    140

    Pantau Sistem Frekuensi Radio Sembari Bantu Korban Banjir

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Tanjung Pinang, Kominfo - Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Batam (Balmon Batam) Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan inspeksi tes fungsi perangkat sistem monitoring frekuensi radio (SMFR) di sejumlah titik lokasi terdampak banjir dan longsor Kota Tanjung Pinang.

    “Pasca bencana merupakan fase yang rentan, baik secara fisik maupun psikis, bagi korban bencana banjir dan longsor yang terjadi awal tahun ini,” ungkap Kepala Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Batam, Abdul Salam dalam acara yang berlangsung Selasa (12/01/2021) itu.

    Menurut Kepala Balmon SFR Kelas II Batam,  dalam kegiatan juga berlangsung penyerahan bantuan bahan pokok bagi warga korban banjir di Kelurahan Batu Sembilan, Kecamatan Tanjung Pinang, Kota Tanjung Pinang.

    "Banyak rumah warga mengalami rusak berat, bahkan beberapa diantaranya roboh dan tertimbun longsor. Balmon Batam bersama Organisasi Radio Amatir Lokal (Orlok) Tanjung Pinang mendatangi lokasi bencana guna mengurangi beban korban dan meminimalisasi dampak bencana," tutur Abdul Salam.

    Sebelum penyerahan bantuan, Tim Balmon Batam lebih dahulu mendata titik-titik bencana dan lokasi pengunsian korban banjir dan longsor. Di sejumlkah titik tersebut, dilakukan tes fungsi perangkat SMFR dan transportable, serta pemantauan penggunaan spektrum frekuensi radio.

    Kegiatan rutin di Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau ini bertujuan untuk memastikan kondisi perangkat monitoring spektrum frekuensi radio berfungsi sebagaimana mestinya, dan untuk mengetahui tingkat kepadatan pengguna frekuensi radio.

    Berita Terkait

    Dorong Amatir Radio Bantu Sosialisasi Program Vaksinasi

    Pegiat Amatir Radio dapat ikut andil membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan memberi dukungan komunikasi terkait Selengkapnya

    Tangani Gangguan Radio Penerbangan, Balmon Banjarmasin Tertibkan Frekeunsi LPP

    Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali menyelesaikan gangguan atas Selengkapnya

    Penertiban Frekuensi Radio Tingkatkan Ekonomi dan Keamanan Masyarakat

    Penertiban frekuensi radio yang menyalahi perizinan atau perangkat melanggar spesifikasi teknis merupakan bagian dari pengelolaan spektrum f Selengkapnya

    Pasang "Penjaga Pintu", Atasi Gangguan Frekuensi Radio Komunikasi Dinkes

    Pemasangan filter "penjaga pintu" menjadi rekomendasi Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Klas II Banjarmasin Ditjen Sumber Daya dan Pera Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA