FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 01-2021

    1033

    Tingkatkan Daya Beli Masyarakat untuk Topang Produk Lokal

    Kategori Berita Pemerintahan | Irso
    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi stan UMKM binaan IPC cabang Pelabuhan Tanjung Priok pada acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GNBBI) di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (17/1/2021). IPC turut memeriahkan kegiatan ini dengan menghadirkan UMKM yang membuat produk kerajinan wayang kulit dan aneka kerajinan kulit lainnya sebagai upaya IPC turut mendorong geliat perekonomian bangsa dengan mengutamakan para pengusaha dalam negeri dan UMKM yang memproduksi produk-produk buatan Indonesia yang berkualitas tinggi dan memiliki daya saing di pasaran. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi produk lokal yang diikutsertakan dalam Program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GNBBI). Menurutnya, produk lokal karya anak bangsa perlu ditopang dengan cara meningkatkan daya beli masyarakat.

    “Kita memang berpikir bahwa kelangsungan usaha produk lokal itu perlu ditopang dengan meningkatkan daya beli masyarakat Indonesia,” ujarnya dalam Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, Senin (11/01/2020).

    Menteri Perhubunganmeyakini produk-produk lokal juga menjadi daya tarik tersendiri bagi 270 juta warga negara Indonesia yang memiliki daya beli. Sebab, dari tangan kreatifitas anak bangsa juga menghasilkan produk yang sangat baik. 

    “Untuk itulah program ini (GNBBI 2021) di-campaign dan diluncurkan untuk mendorong nasional branding produk lokal unggulan yang sudah dikurasi oleh banyak pihak, dan kita harapkan bangkit dan tumbuh sehingga menciptakan industri baru yang mendukung dan mendorong pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

    Mengenakan busana asal Bali dalam peluncuran GNBBI 2021, Menteri Budi Karya menuturkan kebanggannya terhadap produk lokal yang dinilai tidak kalah dengan merek busana ternama dari luar negeri. “Oleh karenanya kita sepakat dengan anjuran Bapak Presiden bahwa produk-produk yang kita miliki, memiliki suatu keunggulan yang sangat layak untuk dibeli oleh masyarakat,” tandasnya.

    Menurut Menteri Perhubungan, di tengah pandemi Covid-19, banyak ditemui sektor usaha yang bermasalah. Tetapi hal itu justru menjadi momentum bagi masyarakat yang tidak bisa melakukan kegiatan dengan leluasa untuk berkreasi dari rumah.

    “Tetapi saya yakin kemampuan anak bangsa untuk memproduksi barang-barang yang berkualitas tingggi itu bisa dilakukan. Sebaliknya, ide untuk menjadikan pembayaran secara non cash/online ini suatu idea brilian yang insya allah akan terjadi suatu pertumbuhan yang eksponansial terhadap kegiatan-kegiatan itu,” ujarnya.

    Peluncuran GNBBI 2021 diselenggarakan di tiga lokasi berbeda yaitu Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Yogyakarta Internasional Airport. Menhub Budi Karya mengatakan bahwa kegiatan GNBBI akan dilanjutkan pada tanggal 17 Januari mendatang di Gambir, Jakarta Pusat.

    Turut hadir baik secara virtual dan langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Gubernur Bali I Wayan Koster, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Sukawati, Kepala Bank Indonesia Bali Trisno Nugroho serta pejabat lingkup kementerian/lembaga dan direksi dari stakeholder perbankan.

    Berita Terkait

    Pemerintah Siapkan Desa Wisata Topang Pembangunan di IKN

    Sektor pariwisata di IKN mempunya prospek cerah untuk terus berkembang karena turut ditopang oleh daerah-daerah sekitar yang telah mapan sep Selengkapnya

    UMKM dan Pedagang Jadi Pasar Tulang Punggung Ekonomi Nasional

    Menurut Mendag, digitalisasi sebuah keniscayaan sehingga perdagangan perlu menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Selengkapnya

    Presiden Pastikan Cadangan Beras Terkendali untuk Stabilkan Harga

    Presiden menuturkan bahwa harga beras di seluruh negara mengalami kenaikan akibat adanya perubahan iklim dan fenomena El Nino. Selengkapnya

    Presiden Sapa Masyarakat dan Pedagang di Pasar Melonguane Talaud

    Presiden pun kemudian berkeliling di area pasar seraya menyapa para pedagang sekaligus mengecek harga sejumlah kebutuhan pokok. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA