FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 01-2021

    100

    Dukung GNBBI 2021, Kemenhub Kombinasikan Produk Lokal di Bidang Transportasi

    Kategori Berita Pemerintahan | Irso
    Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (kedua kiri), Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati (kedua kanan), Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (kanan) dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho (kiri) meninjau 'showcase' produk UMKM yang dipasarkan secara daring saat Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021 di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Senin (11/1/2021). Gerakan tersebut diharapkan dapat meningkatkan sektor UMKM dengan mendorong masyarakat untuk membeli produk buatan dalam negeri. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi merasa antusias saat Kementerian Perhubungan dan stakeholders ditunjuk oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan untuk menyukseskan kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GNBBI) tahun 2021.

    Menteri Budi Karya mengatakan Kementerian Perhubungan bersama dengan Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, PT. KAI serta Bank Mandiri, Bank BRI, Pelindo II diamanhkan untuk menggelar GNBBI 2021 yang diselenggarakan di tiga lokasi berbeda yaitu Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Yogyakarta Internasional Airport. Sedangkan pada tanggal 17 Januari nanti juga dilangsungkan di Gambir, Jakarta Pusat.

    “Hari ini kita melakukan di tiga tempat dan insya Allah tanggal 17 kita akan melakukan di Gambir dan kita kombinasikan dengan produk-produk yang ada hubungannya dengan transportasi yaitu sepeda listrik dan juga motor,” ujarnya dalam peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia tahun 2021 secara virtual, dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, Senin (11/01/2021).

    Menurut Menteri Perhubungan produk sepeda listrik dan motor merupakan kreasi milenial anak negeri yang sangat membangakan, “Yang kalau kita lihat kita berdecak kagum, anak-anak kita, milenial itu mampu membuat suatu produk yang luar biasa,” katanya.

    Menteri Budi Karya memastikan pihaknya terus berusaha keras dan mengajak stakeholders untuk ikut mengampanyekan GNBBI secara sistematis dan produktif.  “Artinya, tidak saja acara hari ini tetapi kita harus harapkan ini menjadi suatu format atau suatu model yang harus kita lakukan secara konsisten,” tegasnya.

    Menurut Menteri Perhubungan, sebelumnya telah ada kegiatan serupa seperti memberikan pelatihan-pelatihan yang bekerja sama dengan Dekranas di lima tujuan wisata, “Di situ kita melatih kemampuan secara teknis, melatih bagaimana memasarkan, menyediakan tempat untuk dipasarkan dan juga berdialog bagaimana barang-barang ini bisa dipasarkan secara baik,” jelasnya.

    Menteri Budi Karya mengapresiasi semua pihak yang telah membantu upaya Kementerian Perhubungan. “Tentu saya menghaturkan terima kasih kepada semua pihak yang memberikan suatu upaya-upaya membangun ini semuanya, tetapi memang suatu hal yang kritis bahwa proses kurasi atau memilih produk-produk yang diunggulkan seyogyanya dilakukan secara berulang-ulang sehingga timbullah suatu produk unggulan, top brand yang memang sangat diunggulkan dan ini memberikan kesempatan bagi UMKM, anak-anaknya Pak Teten (Menteri Koperasi dan UKM) untuk berkesempatan memproduksi,” ungkapnya.

    Menurut Menteri Perhubungan, berbagai produk yang dihasilkan anak negeri seperti celana jeans, sepatu, jaket, tas dan produk lainnya sangat membanggakan, bahkan beberapa dari produk tersebut sudah mendunia.

    “Oleh karenya dalam kesempatan ini saya mengajak semua K/L untuk melakukan kegiatan-kegiatan ini dan juga para BUMN/Swasta secara intensif memberikan dukungan. Karena UMKM memberikan suatu sumbangsih bagi perekonomian nasional secara signifikan,” ujarnya.

    Menteri Budi Karya menilai semua elemen baik masyarakat maupun pemerintah harus secara konsisten mengajak semua pihak menjadi opinion leader untuk turut serta bersama masyarakat mendukung kegiatan GNBBI.

    “Akhirnya saya mengucapkan selamat kepada rekan-rekan dan terima kasih. Di Bali kita laksanakan, di Jogja kita laksanakan, hari ini juga di Jakarta lakukan dan minggu depan kita lakukan di Gambir. Semoga ini berdampak baik dan Allah SWT memberikan kesempatan kita untuk move on dan memberikan suatu kebaikan bagi bangsa,” imbuhnya.

    Berita Terkait

    Tindak Lanjuti Larangan Mudik, Kemenhub Siapkan Aturan Pengendalian Transportasi

    Kementerian Perhubungan tengah menyusun aturan pengendalian transportasi sebagai tindak lanjut kebijakan pelarangan mudik lebaran 2021 yang Selengkapnya

    SDM Unggul dan Berkualitas, Kunci Keberhasilan Reformasi Birokrasi

    Salah satu penentu tercapainya visi Indonesia Maju adalah keberhasilan Reformasi Birokrasi, dimana sumber daya manusia (SDM) melaksanakan la Selengkapnya

    Tekan Kasus Covid-19, Pemerintah Terapkan PPKM Mikro Jadi Langkah Lanjutan

    Pemerintah mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang berbasis skala mikro (PPKM Mikro) yaitu hingga tingkat RT Selengkapnya

    Dukung Sektor Wisata, Pemerintah Targetkan 2.200 SDM Lulusan Vokasi Pariwisata

    Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan bisa mencetak lulusan perguruan tinggi vokasi p Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA