FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 01-2021

    1860

    [DISINFORMASI] Video Menteri Yaqut Diusir ketika Hadir di Tanah Melayu Riau

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar di media sosial sebuah video dengan narasi bahwa Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas diusir ketika hadir di Tanah Melayu, Riau. Video tersebut diketahui pertama kali diunggah oleh seorang pengguna Facebook pada Minggu, 3 Januari 2021. 

    Faktanya, dikutip dari Medcom.id klaim bahwa video itu memperlihatkan Menteri Agama Yaqut diusir ketika hadir di Tanah Melayu adalah salah. Pria yang diusir pada video itu bukan Yaqut. Video itu sebenarnya memperlihatkan suasana di depan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMRR) pada Rabu 19 September 2018. Kala itu, Ketua GP Ansor Riau, Purwaji bertemu dengan Ketua DPH LAMR, Datuk Seri Syahril Abu Bakar. Namun setelah pertemuan itu berlangsung, sejumlah orang di lokasi mendekati Purwaji. Mereka menolak acara GP Ansor di Riau dan mengusir Purwaji. Dipastikan bahwa Yaqut tidak berada di lokasi. Kehadirannya masih sebatas rencana dan  saat itu ia belum diangkat menjadi Menteri Agama.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/8N0jayzk-video-menteri-yaqut-diusir-ketika-hadir-di-tanah-melayu-riau-ini-faktanya

    Berita Terkait

    [HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Tentara Merah Cina Berdatangan Setiap Jam ke Indonesia Mulai 1 April 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Pengusiran Warga Negara Cina di Kota Pekanbaru

    Selengkapnya

    [HOAKS] Dokter Anjurkan untuk Suntik Vaksin Covid-19 di Alat Kelamin Pria

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA