FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 01-2021

    1471

    [DISINFORMASI] Titik Api Diam Telah Terlihat di Merapi

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar sebuah unggahan yang menyebutkan titik api diam sudah terlihat di Gunung Merapi. Pengunggah berkesimpulan melihat titik api diam dari sebuah channel YouTube yang digunakan untuk memantau situasi Gunung Merapi dengan narasi "Titik Api diam terlihat lewat yt Induk frekom 86".

    Dilansir dari Kompas.com, Kasi Gunung Merapi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Agus Budi Santoso menegaskan bahwa hingga saat ini belum teramati titik api diam di Gunung Merapi. "Kalau yang disebut titik api diam dan beredar di media sosial itu bukan titik api diam, masih sumber asap panas," kata Agus, Minggu (3/1/2021). Agus menambahkan, wajar jika sumber asap panas tersebut terlihat lebih terang apabila dilihat dengan kamera mode malam. Di satu sisi, Agus menyebutkan memang terjadi peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Merapi dalam beberapa hari terakhir ini. Tetapi secara spesifik, munculnya titik api diam di puncak Merapi belum terjadi.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/03/193000265/-klarifikasi-titik-api-diam-telah-terlihat-di-gunung-merapi?page=all

    Berita Terkait

    [HOAKS] Kemunculan Api dari Dalam Bumi setelah Gempa di Kota Tuban

    Selengkapnya

    [HOAKS] Nata de Coco Terbuat dari Plastik

    Selengkapnya

    [HOAKS] Truk Logistik Pemilu Terguling di Semarang Tanpa Pengawalan

    Selengkapnya

    [HOAKS] Tiga Anggota KPU Ditangkap karena Terima Suap dari Gibran Rakabuming Raka

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA