FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 01-2021

    169

    Siapkan Dua Aplikasi Besar, Kominfo Targetkan Peningkatan IP-TIK

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Jakarta, Kominfo  -  Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan Peningkatan Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) atau ICT Development Index.  Direktur Jenderal Aplikasi Infomatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel A. Pangerapan menyatakan pada tahun 2021 akan menyiapkan dua aplikasi besar untuk literasi digital dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

    "Pertama adalah aplikasi untuk literasi digital yang diberi nama Siberkreasi. Dalam aplikasi tersebut nantinya masyarakat dapat mengakses berbagai fitur mengenai literasi digital serta materi-materi terkait. Sedangkan aplikasi kedua yaitu lakumkm.id yang merupakan sebuah aplikasi guna membantu para pelaku UMKM untuk dapat mengembangkan usahanya," ujarnya dalam diskusi virtual bertajuk "Menkominfo Menyapa: Indonesia Terkoneksi, Semakin Digital Semakin Maju" Senin (04/01/2021).

    Aplikasi kedua, menurut Dirjen Aptika, pihaknya akan menyiapkan menyiapkan Siberkreasi yang menopang literasi digital. “Melalui aplikasi Siberkreasi, masyarakat bisa mengunduh konten literasi digital dan melakukan banyak hal. Jadi kontennya kita siapkan dan ini akan kita kembangkan ke sekolah-sekolah, ke pemda-pemda dan mereka bisa menggunakan aplikasi ini. Dan terkait lakumkm, kami sudah menyampaikan dan berkoordinasi dengan Kemenko Maritim dan Investasi terkait hal ini,” jelasnya.

    Dengan adanya peningkatan anggaran dan target, menurut Dirjen Semuel,  tanggung jawab Ditjen Aptika bertambah besar. Untuk mencapai semua itu, Dirjen Aptika menyatakan perlu kerjasama lintas SAtker Kementerian Kominfo dan kolaboratif dengan instansi yang terkait.

    “Kalau Kominfo itu 5 kali mendapat anggaran lebih tinggi dari tahun lalu, kami di Aptika ini 10 kali. Jadi, saya minta Civitas Ditjen Aptika kerjanya harus 10 kali lebih giat dan juga harus terstruktur,” tuturnya.

    Peningkatan IP-TIK

    Dirjen Semuel menyampaikan, ke depan, dengan target yang besar Ditjen Aptika akan membuat roadmap untuk memastikan bahwa impact terhadap literasi digital ini bisa meningkatkan index ICT readiness dan diharapkan kepada segenap civitas di Ditjen Aptika agar tidak lagi hanya bekerja tentang ICT, melainkan dapat bekerja dengan menguasai ICT. 

    “Jadi, kita benar-benar siap untuk memasuki era baru ini. Moto baru Kemkominfo Indonesia Terkoneksi Semakin Digital Semakin Maju membuat kita harus menjadi penyambung transformasi, ini perlu kita gaungkan,” tandasnya.

    Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) dikembangkan olehInternational Telecommunication Union(ITU) dengan namaICT Development Index(ICT-DI). IP-TIK merupakan ukuran standar tingkat pembangunan TIK di suatu wilayah yang dapat diperbandingkan antarwaktu dan antarwilayah. Selain itu, IP-TIK mengukur pertumbuhan pembangunan TIK, mengukurgapdigital atau kesenjangan digital antarwilayah, dan mengukur potensi pembangunan TIK.

    Tahun 2020 merupakan tahun ke-lima BPS melakukan penghitungan IP-TIK dengan metode terkini berdasarkan bukuMeasuring Information Society2016 yang dipublikasikan oleh ITU. Di dalam penghitungannya terdapat 11 indikator penyusun IP-TIK yang terbagi ke dalam 3 subindeks yaitu subindeks akses dan infrastruktur, subindeks penggunaan, dan subindeks keahlian.

    Data yang digunakan untuk penghitungan IP-TIK bersumber dari data BPS dan data sekunder dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. IP-TIK Indonesia tahun 2019 adalah sebesar 5,32, meningkat dibandingkan dengan 2018 sebesar 5,07 pada skala 0−10. Penilaian IP-TIK menggunakan skala 0−10, dimana 10 menunjukkan capaian tertinggi dari indikator. 

    Berita Terkait

    Percepat Digitalisasi Daerah, Kominfo Perkuat Infrastruktur TIK

    Guna menghubungkan jaringan interkonektivitas antar wilayah di tingkat kabupaten dan kota, Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan Selengkapnya

    Tiba di Surakarta, Menkominfo Awali Kunjungan untuk Rangkaian Peringatan Harsiarnas 2021

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memulai kunjungan kerja di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (31/03/2021). Setibanya di B Selengkapnya

    Bentuk Kekebalan Komunal, Kominfo Gelar Vaksinasi Akbar

    Kementerian Komunikasi dan Informatika memulai Vaksinasi Akbar tahap pertama untuk 3.200 Aparatur Sipil Negara (ASN). Vaksinasi Covid-19 it Selengkapnya

    Awas Disinformasi, Tak Ada Kata Agama Peta Jalan Pendidikan 2020-2035

    Beredar informasi lewat media sosial Twitter mengenai Peta Jalan Pendidikan 2020-2035 yang tidak mencantumkan kata Agama. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA