FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 12-2020

    402

    Kominfo Optimistis Migrasi Penyiaran Digital Selesai Tahun 2022

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Jakarta, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan penyelesaian migrasi siaran TV analog ke TV digital atau analog switch off (ASO) diselesaikan dalam dua tahun.  Menteri Kominfo Johnny G. Plate menyatakan sesuai dengan amanat Undang-Undang Cipta Kerja sektor Pos Telekomunikasi dan Penyiaran, Kominfo akan menyelesaikan migrasi selambat-lambatnya secara full digital broadcasting bulan November Tahun 2022.

    “Kita mempunyai waktu kurang dari 2 tahun untuk menyiapkan semua perangkat peraturan dan kesiapan industri penyiaran, khususnya televisi di Indonesia untuk menyesuaikan diri dengan rencana tersebut,” jelasnya dalam sesi tanya jawab pada Konferensi Pers bertajuk “Kaleidoskop 2020 dan Outlook 2021: Implementasi Akselerasi Transformasi Digital” dari ruang Serbaguna Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (30/12/2020).

    Menurut Menteri Kominfo, Undang-Undang Cipta Kerja juga sudah membuka ruang untuk mempermudah dan membantu agar capital expenditure lebih efisien melalui biaya modal yang akan disediakan untuk menyiapkan infrastruktur televisi digital.

    “Di antaranya adalah infrastruktur sharing. Memang, sudah disiapkan potensi infrastruktur sharing yang tentu harus dibicarakan diantara industri pertelevisian dan industri lainnya yang mempunyai infrastruktur yang bisa digunakan untuk kepentingan infrastruktur digital broadcasting kita,” paparnya.

    Oleh karena itu, Menteri Johnny optimis hal itu bisa diselesaikan dan saat ini, lanjutnya, di tahap akhir menyiapkan payung payung hukum yang lebih teknis seperti Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Menteri (PerMen) untuk menterjemahkan Undang-Undang Cipta Kerja sektor Pos Telekomunikasi dan Penyiaran tersebut.

    “Harus optimis, kenapa? Saat inipun simulcast sudah berjalan, penyiaran analog dan digital itu sudah berjalan. Sekarang ini tahapannya saja mengakhiri analog atau yang disebut dengan analog switch selambat-lambatnya tanggal 2 November tahun 2022 pada pukul 24.00 WIB. 

    Bawa Manfaat

    Menteri Kominfo menegaskan dengan diberlakukannya peraturan mengenai  migrasi siaran analog switch off ke digital, maka masyarakat dapat merasakan hadirnya manajemen dan manfaat spektrum frekuensi yang lebih efisien.

    "Karena terdapat digital dividen 112 Mhz yang bisa digunakan untuk kepentingan broadband telecommunication, yang di spektrum itu disebut dengan golden spektrum untuk kebutuhan layanan pertelekomunikasian," tandasnya.

    Oleh karena itu, Menteri Kominfo meyakini jika industri penyiaran akan mendukung kebijakan pemerintah. “Saya kira industri penyiaran pertelevisian mempunyai semangat yang sama. Karena apa? Pasti menjadi lebih efisien dan potensi ekspansi bisnis dan menjadi lebih luas,” ujarnya.

    Turut mendampingi dalam konferensi pers, itu Sekretaris Jenderal Mira Tayyiba; Inspektur Jenderal Doddy Setiadi; Dirjen SDPPI Ismail; Dirjen PPI Ahmad M Ramli; Dirjen Aptika Semuel A Pangerapan; Dirjen IKP Widodo Muktiyo; Kepala Badan Littbang SDM Hary Budiarto dan Direktur Utama BAKTI Anang Latif. Hadir pula Staf Khusus Menteri Kominfo Dedy Permadi, Phillip Gobang, Zulfan Lindan dan Rosarita Niken Widiastuti.

    Di akhir konferensi pers, Menteri Kominfo dan jajarannya  serempak mengucapkan selamat tahun baru dan selamat tinggal tahun 2020 dan mengajak seluruh masyarakat untuk  menyongsong dan menjemput tahun 2021 dengan penuh harapan dan potensi maju bersama “Kominfo Connect, semakin digital, semakin maju,” ujar mereka serempak. (hm.ys)

    Berita Terkait

    Sekjen Kominfo: Dua Fokus Transformasi Digital

    Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Mira Tayyiba mengatakan pembangunan infrastruktur untuk transformasi digital dia Selengkapnya

    Atur Migrasi Siaran Analog ke Digital, Kominfo Siapkan RPP Teknis

    Pemerintah telah menyiapkan 2 Peraturan Pemerintah sebagai tindak lanjut pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja u Selengkapnya

    Menkominfo: Peringatan secara Virtual Cermin Semangat Transformatif

    Perayaan Natal Nasional 2020 mengabungkan pertemuan langsung dengan protokol kesehatan yang ketat dan tayangan ibadah secara virtual. Menter Selengkapnya

    Kominfo Rebut 3 Penghargaan TOP DIGITAL Awards 2020

    Kementerian Komunikasi dan Informatika merebut tiga penghargaan dalam ajang TOP DIGITAL Awards 2020. Ketiga penghargaan tersebut adalah TOP Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA