FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 12-2020

    1333

    Menkominfo: Peringatan secara Virtual Cermin Semangat Transformatif

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf
    Menteri Kominfo Johnny G. Plate dalam sambutan Perayaan Natal Nasional 2020 di Jakarta, Minggu (27/12/2020). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo - Perayaan Natal Nasional 2020 mengabungkan pertemuan langsung dengan protokol kesehatan yang ketat dan tayangan ibadah secara virtual. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan hal itu merupakan terobosan cara beribadah sekaligus menjadi cermin tumbuhnya semangat transformatif.

    "Dari sebelumnya dilakukan secara fisik di gedung gereja, kini dilakukan secara online di rumah masing-masing bersama keluarga. Hal ini juga menandakan bahwa dengan kemajuan teknologi dan tersedianya infrastruktur TIK dan digital, Indonesia dapat menjalankan ibadah dan merayakan Natal secara daring," ujarnya dalam sambutan Perayaan Natal Nasional 2020 di Jakarta, Minggu (27/12/2020).

    Menteri Johnny menyatakan, terobosan pelaksanaan peringatan secara hibrida menjadi cerminan semangat menggereja yang tumbuh secara transformatif. "Semangat yang hendaknya kita satukan untuk menyukseskan program akselerasi transformasi digital yang dicanangkan Presiden Bapak Joko Widodo, menghantarkan Indonesia menuju bangsa digital menghadapi Era Industri 4.0,” ucapnya.

    Menteri Kominfo menyatakan, kondisi yang dialami Indonesia saat ini tentu menyadarkan manusia sebagai makhluk yang rentan di tengah berbagai kekuatan duniawi. "Kesadaran ini selayaknya menjadi basis persaudaraan dan solidaritas, memperkokoh nasionalisme, serta rasa persatuan sebagai bangsa yang besar, bangsa yang cepat beradaptasi dan cepat menyesuaikan arahnya adaptability dan agility," tandasnya.

    Menteri Kominfo menjelaskan, rasa subsidiaritas dan solidaritas Umat Kristiani lebih lanjut tercermin dalam pelaksanaan kegiatan sosial oleh Panitia Natal Nasional berupa program dukungan penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh di beberapa lokasi di Papua, serta pemberian bantuan untuk 8.424 anak asuh di 186 panti asuhan dan rehabilitasi yang tersebar di seluruh Indonesia. 

    “Persatuan ini telah dicontohkan oleh eratnya tali persaudaraan dan solidaritas ekumenis yang dijalin kedua komunitas gereja, PGI dan KWI. Dengan ini, patutlah kita bersyukur kepada Tuhan yang senantiasa membimbing perjalanan karya misi Umat Kristen dan Katolik dalam membangun masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

    Perayaan yang disiarkan secara langsung melalui Stasiun TVRI dan kanal Youtube Kemkominfo TV tersebut diisi oleh rangkaian prosesi ibadah dan perayaan Hari Natal Nasional. Menteri Kominfo hadir secara langsung di tempat acara yang digelar di Mall Ciputra Artpreneur, Jakarta. Kapasitas ruangan diisi tidak lebih dari 25% pengunjung. "Kegiatan Ibadah dan Perayaan Natal tahun ini yang dihelat secara daring tetap berlangsung khidmat, khusyuk, dan membahagiakan," ujarnya menegaskan pelaksanaan ibadah secara virtual tidak mengurangi makna perayaan natal. 

    Hadir mendampingi Menteri Kominfo pada Perayaan Natal Nasional 2020 antara lain Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan, Staf Khusus Menteri Kominfo Philip Gobang, serta Kepala Biro Umum Sensilaus Dore.

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    Peringatan Thailand Soal Vaksin Covid-19 Picu Kanker dan Tumor Otak? Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim yang beredar itu tidak benar. Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA