FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 12-2020

    1643

    Kominfo Rebut 3 Penghargaan TOP DIGITAL Awards 2020

    Kategori Berita Kominfo | adhi004

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika merebut tiga penghargaan dalam ajang TOP DIGITAL Awards 2020. Ketiga penghargaan tersebut adalah TOP DIGITAL Implementation 2020 on Ministry # Level Stars 4, TOP DIGITAL Transformation Readiness 2020, dan TOP Leader on Digital Implementation 2020.

    Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengapresiasi penghargaan itu karena menjadi salah satu upaya untuk mendorong perwujudan akselerasi transformasi digital.  "Saya juga meminta agar semua pihak baik kementerian/lembaga/pemerintah daerah dan korporasi dapat berkolaborasi untuk mewujudkan impian tersebut," ujarnya dalam sambutannya mewakili Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin dalam acara TOP DIGITAL Awards 2020 di Jakarta, Selasa (22/12/2020).

    Menteri Johnny mengatakan adanya pandemi Covid-19 telah menghadirkan satu peluang untuk melakukan akselerasi transformasi digital terbukti dari terus tumbuhnya sektor telekomunikasi. "Bertumbuh 2 digit pada 2 kuartal terakhir," ungkapnya.

    Menurut Menteri Kominfo tahun 2021 pertumbuhan sektor TIK diprediksi akan semakin menguat yang ditandai dengan meningkatnya penggunaan internet di masyarakat dan transaksi di situs e-commerce. Menteri Johnny menjelaskan peran Kementerian Kominfo dalam penanganan Covid-19 yaitu dengan menjalankan program-program yang memanfaatkan teknologi informasi.

    Salah satunya adalah mengembangkan aplikasi seluler PeduliLindungi untuk memudahkan pemerintah melakukan 3T (tracing, tracking, dan testing). "Kominfo mengembangkan aplikasi untuk 3T yaitu Peduli Lindungi," kata Menteri Kominfo

    Selain itu, Kementerian Kominfo juga menyediakan infrastruktur koneksi internet di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan pada tahun 2021 sebagai salah satu sarana untuk mempersiapkan distribusi vaksin Covid-19.

    "Tahun 2021 seluruh fasyankes sudah tersedia akses internet cepat," tutur Menteri Johnny.

    Menurut Menteri Kominfo, pada tahun 2021 dan 2022 Kementerian Kominfo akan melakukan pembangunan infrastruktur telekomunikasi secara masif untuk memastikan seluruh desa atau kelurahan dapat dilayani oleh jaringan seluler 4G. "Pada tahun 2023 juga akan dibangun data center nasional dengan standar tier 4 untuk memenuhi kebutuhan dalam program satu data Indonesia," jelasnya.

    Pemerintah juga tengah menyiapkan aplikasi yang dapat merangkum seluruh layanan di pemerintahan sehingga mempermudah masyarakat dalam mengaksesnya. "Menyiapkan super aplikasi untuk pelayanan pemerintahan," jelas Menteri Johnny.

    Menteri Kominfo berharap dengan adanya program-program tersebut maka penyelenggaraan pemerintahan dapat dilaksanakan secara jauh lebih efisien.

    TOP DIGITAL Awards adalah ajang penghargaan tahunan yang diselenggarakan Majalah It Works sebagai bentuk apresiasi atau penghargaan tertinggi di Indonesia kepada perusahaan, instansi pemerintahan, vendor TI TELCO, dan Solusi Teknologi Digital.

    Dalam acara itu digelar diskusi bersama Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Arief Sabaruddin, Direktur Teknologi dan Informasi, Ditjen Pajak, Kementerian Keuangan Iwan Djuniardi, Kepala Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial, Kementerian Sosial Said Mirza Pahlevi, Direktur IT dan Kepala Pusinfowas Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan Rudy M. Harahap, Plt. Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Hasan Chabibie, dan IT Manager PT Sasa Inti Ridwan Nurfalah.

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Acara Puncak Peringatan Hakordia 2023

    Presiden mengungkapkan, sebagai bagian dari upaya pencegahan korupsi pemerintah telah melakukan digitalisasi di berbagai pelayanan, seperti Selengkapnya

    Kominfo Ajak Masyarakat Dukung Pertandingan Piala Dunia U-17

    Gelaran itu menjadi salah satu peluang untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam kancah global. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA