FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 12-2020

    3220

    Cara Kominfo Dukung Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

    Kategori Sorotan Media | meit001
    Gedung Kominfo - (Setkab)

    Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mendukung upaya pemulihan ekonomi Indonesia usai terhantam pandemi covid-19. Salah satu dukungan yang dilakukan ialah mendistribusikan informasi yang benar dan bermanfaat kepada masyarakat terkait penanganan covid-19.

    "Pemerintah terus berupaya semaksimal mungkin untuk penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional," kata Staf Khusus Kominfo bidang IKP, Transformasi Digital dan hubungan Antar-Lembaga Rosarita Niken Widiastuti, dalam Iconomics PR Person Award 2020, Jumat, 18 Desember 2020.

    Dalam hal ini, lanjut Rosarita, Kominfo ditunjuk sebagai pengelola tim komunikasi penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi yang secara khusus diminta melakukan sosialisasi mengenai vaksin dan upaya pemulihan ekonomi. Ia meminta kerja sama kepada pihak terkait agar tugas yang diamanahkan bisa berjalan maksimal.

    "Kami sangat membutuhkan kerja sama dari para profesional Public Relations (PR) untuk memberikan dukungan atau bersama-sama dengan pemerintah menghadapi situasi akhir-akhir ini," ucapnya.

    Menurutnya kerja sama dengan pihak terkait sangat dibutuhkan mengingat sekarang ini digitalisasi terus meningkat dari waktu ke waktu. Berdasarkan data yang ia miliki diungkapkan ekonomi Indonesia saat ini merupakan terbaik kedua setelah Tiongkok dan di antara G20 menjadi negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat.

    "Pertumbuhan e-commerce Indonesia sangat tajam hingga 91 persen selama pandemi ini. Pengguna internet juga meningkat. Kalau tahun lalu pengguna internet masih 64 persen maka saat ini pengguna internet sudah 73,7 persen sehingga ini menjadi peluang besar (terutama) bagi PR untuk bisa mengembangkan diri dan beradaptasi," tukasnya.

    Di sisi lain, ia mengatakan, Kominfo yang notabennya adalah 'humas' pemerintah menyadari terdapat tantangan di bidang kehumasan atau PR. Pertama bagaimana merespons era digital di industri 4.0. Kedua, adanya virtual lifestyle dengan semua aktivitas yang dilakukan berbasis virtual.

    Ketiga, kebutuhan hidup bukan lagi bicara soal kebutuhan sekunder, tersier, atau bicara soal aktualisasi diri tetapi kembali lagi bagaimana bisa memenuhi kebutuhan dasar. "Di tengah pandemi seperti sekarang ini kebutuhan kita kembali lagi kepada kebutuhan dasar yang nomor satu tentunya kesehatan lalu makan," ucapnya.

    Lebih lanjut, Rosarita mengajak semua pihak terkait untuk bersama-sama bisa mengelola komunikasi dan memberikan klarifikasi di tengah banjirnya informasi seperti sekarang ini, terutama menyaring informasi yang dikategorikan sebagai informasi hoaks. Hal itu menjadi penting agar informasi yang disebarkan benar-benar bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

    "Oleh karena itu tentu dengan bergandeng tangan kita semua dapat mengatasi situasi pandemi ini," pungkasnya.



    Sumber: medcom.id
    Pewarta: Angga Bratadharma
    Sumber: https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/zNA3pwzk-cara-kominfo-dukung-pemulihan-ekonomi-di-tengah-pandemi-covid-19

    Berita Terkait

    Kominfo 2020, di tengah pandemi COVID-19

    Tahun 2020 menjadi tahun yang menantang bagi Indonesia sejak pandemi virus corona melanda pada Maret lalu. Selengkapnya

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Percepat Pemulihan Ekonomi, Menkominfo Dorong Kemitraan Multipihak

    Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi perekonomian di banyak belahan dunia. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan untu Selengkapnya

    Kominfo Perbaharui Aplikasi PeduliLindungi Guna Penguatan Layanan Telemedis di Masa COVID-19

    Dalam pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19, layanan telemedis atau layanan kesehatan daring menjadi salah satu upaya yang tengah digala Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA