FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 12-2020

    554

    Migrasi ke TV Digital Akan Buka 232.000 Lapangan Kerja Baru

    Kategori Sorotan Media | meit001
    Siaran terakhir tv analog akan berlangsung pada November 2022. Foto: Ilustrasi seorang perempuan mencoba Smart TV. - (Shutterstock)

    Suara.com - Migrasi tv analog ke digital atau yang disebut Analog Switch-Off (ASO) diperkirakan menumbuhkan 232.000 lapangan pekerjaan baru.

    Direktur Penyiaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Geryantika Kurnia, mengatakan ASO dapat efisiensi menghemat efisiensi frekuensi, dari sebanyak 328MHz yang dipakai oleh tv analog menjadi 176MHz ketika telah migrasi ke tv digital.

    "Sisanya, 112MHz deviden ada 181.000 penambahan kegiatan usaha baru, 232.000 penambahan lapangan pekerjaan baru, Rp 77 triliun peningkatan pajak dan PNBP dan Rp 443,8 triliun peningkatan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi PDB nasional," ujar Geryantika dalam acara virtual FMB9 Migrasi Penyiaran Digital, Kamis (17/12/2020).

    Pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama DPR dalam Undang-Undang Cipta Kerja telah sepakat tanggal 2 November 2022 sebagai batas akhir siaran TV analog.

    Namun, Geryantika mengatakan, pemerintah tidak serta merta memutus siaran analog, melainkan menyelenggarakan siaran simulcast untuk masa transisi peralihan ke tv digital, sekaligus dalam upaya edukasi masyarakat.

    "Simulcast, itu tv analog siaran bersamaan dengan digital. Edukasi sambil mempersiapkan infrasktruktur, nanti pindah baru digital deviden bisa digunakan," kata Geryantika.

    Geryantika mengatakan Indonesia memiliki 728 stasiun tv dan tugas pemerintah untuk memindahkannya ke infrastruktur digital. Cakupan tv analog terpadat berada di pulau Jawa dan Sumatera dengan jumlah 58 persen.

    Sesuai dengan rancangan aturan teknis, Lembaga Penyiaran Publik (LPP), Lembaga Penyiaran Swasta (LPS), dan Lembaga Penyiaran Komunitas jasa penyiaran televisi wajib menghentikan siaran televisi analog paling lambat pada tanggal 2 November 2022 pukul 24.00 Waktu Indonesia Barat.

    Penetapan LPP TVRI sebagai Penyelenggara Multipleksing (MUX) dilakukan oleh Menteri Kominfo tanpa melalui evaluasi atau seleksi. Sedangkan penetapan Penyelenggara MUX untuk LPS dilakukan oleh Menteri melalui seleksi dan evaluasi.

    Sementara TVRI telah memiliki MUX di 34 provinsi, LPS memiliki MUX di 12 provinsi. Persiapan lainnya adalah pemerintah telah menyiapkan skema terbaik untuk membantu 6,6 juta rumah tangga miskin untuk menyalurkan set top box, alat penerima siaran tv digital pada televisi analog.



    Sumber: suara.com
    Pewarta: Liberty Jemadu
    Link: https://www.suara.com/tekno/2020/12/18/001500/migrasi-ke-tv-digital-akan-buka-232000-lapangan-kerja-baru

    Berita Terkait

    Migrasi TV analog ke digital, pemerintah akan berikan bantuan alat

    Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan membagikan alat khusus yang akan memungkinkan untuk migrasi televis Selengkapnya

    Kominfo memberi pelatihan digital untuk eks pekerja migran

    Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika memberi pelatihan digital untuk eks Pekerja Mig Selengkapnya

    Transformasi Digital Dorong Telemedis Jadi Solusi Layanan Kesehatan

    JAKARTA - Pemerintah mendorong pengembangan telemedis sebagai solusi kesehatan dengan pemanfaatan teknologi di tengah pandemi Covid-19, yang Selengkapnya

    Silaturahmi Digital, Kominfo Jamin Layanan Jaringan Seluler

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyampaikan kesiapan dukungan pemerintah untuk pelaksanaan silaturahmi digi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA