FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 12-2020

    844

    Awas Hoaks! Belajar Tatap Muka Resmi Januari 2021, Anak Wajib Swab Test

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo – Beredar tulisan dalam sebuah blog dengan judul "Belajar Tatap Muka Resmi Januari 2021, Anak Wajib Swab Test Sebelum Sekolah". Artikel yang diunggah  pada tanggal 14 Desember 2020 itu mengutip pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.  

    Konon, dalam artikel itu Mendikbud dinyatakan membuat rencana mulai Januari 2021 , sekolah sudah bisa melakukan pembelajaran tatap muka dan anak wajib swab test sebelum sekolah.

    Melalui surat resmi yang dikirimkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika, didapatkan klarifikasi bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim tidak pernah mengeluarkan pernyataan bahwa masuk sekolah wajib swab PCR. Selain itu, judul dan penggunaan foto Mendikbud menimbulkan kesalahpahaman di masyarakat. 

    Berkaitan dengan pembelajaran tatap muka tahun 2020, Pemerintah mengumumkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19. 

    Mendikbud menegaskan bahwa keputusan pemerintah pusat ini adalah berdasarkan permintaan daerah. “Kewenangan yang diberikan kepada pemerintah daerah untuk mengizinkan pembelajaran tatap muka merupakan permintaan daerah. Kendati kewenangan ini diberikan, perlu saya tegaskan bahwa pandemi belum usai,” ujarnya.                                     

    Oleh karena iitu, pemerintah daerah tetap harus menekan laju penyebaran virus korona dan memperhatikan protokol kesehatan. Mendikbud mengingatkan pemerintah daerah menimbang situasi pandemi dengan matang sebelum memberikan izin pembelajaran tatap muka. 

    Berikut laporan isu hoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Jumat (18/12/2020):

    1. Mendikbud: Belajar Tatap Muka Resmi Januari 2021, Anak Wajib Swab Test sebelum Sekolah 
    2. Foto Keluarga Ugur Sahin Penemu Vaksin Covid-19 Pfizer
    3. Foto Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj Terkena Stroke
    4. Foto 4 Orang Alami Kelumpuhan pada Wajah setelah Divaksin Covid-19 
    5. Din Syamsuddin Berpidato Pelanggaran HAM Indonesia di PBB 
    6. Akun Whatsapp Mengatasnamakan Wakil Wali Kota Malang, Minta Transfer Dana Pembangunan Masjid 
    7. Pesan Berantai Kota Madiun Terapkan PSBB saat Nataru 
    8. Perang antara Tenaga Kerja Asing dan Tenaga Kerja Indonesia di Morosi 
    9. Undian Berhadiah Uang hingga Mobil dari Bank Indonesia

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Hadiah USD 3 Ribu dari BRI

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari dari kompas.com ternyata informasi tersebut hoaks. Selengkapnya

    Awas Hoaks, Pesan Berantai Razia Zebra di Kota Bandung!

    Beredar kabar melalui platform pesan instan WhatsApp mengenai Razia Zebra di Kota Bandung. Konon, kegiatan itu akan dilaksanakan mulai 31 Ag Selengkapnya

    Awas Hoaks! Pertamina Bagi Undian Subsidi Pemerintah

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari suara.com, klaim Pertamina membagikan undian subsidi p Selengkapnya

    Awas Hoaks! PPKM Darurat Diperpanjang Hingga 17 Agustus 2021

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta bahwa klaim itu salah. Juru Bicara Menteri Koordinator Mari Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA