FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 12-2020

    1447

    Presiden Serahkan Bantuan Modal Kerja untuk Ringankan Beban Saat Pandemi

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo - Presiden Joko Widodo kembali menyerahkan secara langsung bantuan modal kerja sebesar Rp2,4 juta bagi para pelaku usaha mikro dan kecil. Acara penyerahan berlangsung di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (16/12/2020).

    Di hadapan total 60 pelaku usaha yang terbagi ke dalam dua sesi pertemuan, Presiden menyampaikan bahwa bantuan tersebut dimaksudkan untuk meringankan beban yang dirasakan mereka semasa pandemi ini.

    “Hari ini saya serahkan bantuan modal kerja dalam rangka memberikan tambahan kepada Bapak/Ibu semuanya dalam rangka membantu karena situasi Covid yang sangat sulit. Saya kira semua yang hadir di sini merasakan itu,” ujarnya.

    Presiden menjelaskan, situasi yang dialami tersebut tidak hanya terjadi di Indonesia saja, melainkan juga dirasakan oleh sebagian besar negara-negara di dunia.

    Kepala Negara berharap agar para pelaku usaha, khususnya usaha mikro dan kecil, dapat tetap menjalankan usahanya dan tetap menjaga semangat berusaha hingga nanti keadaan berangsur normal.

    “Saya hanya ingin titip agar kita ini dalam kondisi seperti ini harus tahan banting, tahan uji, tahan terhadap tekanan yang sulit sehingga nanti pada suatu titik normal kita sudah kembali pada omzet keuntungan seperti pada keadaan normal,” tuturnya.

    Untuk diketahui, dalam acara penyerahan kali ini hadir para pelaku usaha mikro dan kecil yang berasal dari DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu. Sebagian besar dari mereka menjalankan aktivitas sebagai pedagang kaki lima, pedagang keliling, pedagang pasar, dan pedagang rumahan yang sebelum hadir menerima bantuan dari Presiden telah melalui uji kesehatan yang diperlukan serta menerapkan protokol kesehatan ketat selama acara berlangsung.

    Selain memberikan bantuan modal kerja, Presiden Joko Widodo juga mengajak para pelaku usaha mikro dan kecil untuk mulai beralih dengan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk dapat mengembangkan usaha mereka.

    Presiden mengatakan bahwa di tengah situasi pandemi saat ini yang mengharuskan orang-orang untuk sebisa mungkin tetap berada di rumah, perilaku konsumen mengalami perubahan dengan lebih sering memanfaatkan pasar daring untuk berbelanja dan memenuhi kebutuhan mereka. Hal tersebut harus mulai dapat dilihat secara jeli dan berupaya menyambut peluang perubahan yang ada.

    “Saya mengajak semua untuk yang pengusaha mikro, kecil, dan menengah itu mulai belajar untuk masuk ke online. Barangnya apapun,” ucapnya.

    Turut hadir mendampingi Presiden dalam acara penyerahan tersebut ialah Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

    Berita Terkait

    Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo Tunaikan Salat Idulfitri 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal

    Pelaksanaan salat Idulfitri di Masjid Istiqlal dilaksanakan tepat pukul 07.00 WIB. Bertindak sebagai imam dalam pelaksanaan salat H.A. Husni Selengkapnya

    Presiden Lepas Pengiriman Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina dan Sudan

    Bantuan yang dikirimkan tersebut, kata Presiden, bernilai kurang lebih Rp30 miliar berupa obat-obatan dan peralatan-peralatan kesehatan dan Selengkapnya

    Wapres Harapkan Media Terus Bantu Pemerintah Jaga Kondusivitas Situasi Pascapemilu

    Situasi pasca-Pemilu 2024 relatif lebih sejuk jika dibandingkan dengan Pemilu 2019 lalu yang diwarnai banyak demonstrasi khususnya saat pela Selengkapnya

    Presiden Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal Jelang Lebaran

    Presiden menekankan bahwa pada tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik dengan total sekitar 190 juta orang atau menin Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA