FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 12-2020

    5471

    [HOAKS] Cover Majalah Tempo Berjudul "Sang Dalang Perusak Bhinneka"

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar unggahan tangkapan layar di media sosial Facebook yang menyerupai cover Majalah Tempo dengan judul "Sang Dalang Perusak Bhinneka" pada 9 Desember 2020. Bagian kanan bawah gambar tersebut tertulis bahwa edisi ini terbit pada 7-13 Desember 2020. Terdapat pula ilustrasi empat pria yang mirip dengan mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, penyidik KPK Novel Baswedan, pemimpin FPI Rizieq Shihab dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

    Berdasarkan pemeriksaan fakta Tempo.co, klaim bahwa cover yang berjudul "Sang Dalang Perusak Bhinneka" adalah cover Majalah Tempo edisi 7-13 Desember 2020 adalah keliru. Majalah Tempo tidak pernah menerbitkan edisi dengan cover yang juga memuat ilustrasi empat pria mirip Jusuf Kalla, Novel Baswedan, Rizieq Shihab dan Anies Baswedan tersebut, termasuk edisi 7-13 Desember 2020. Majalah Tempo edisi 7-13 Desember berjudul "Outlook Ekonomi 2021: Saatnya Berubah". Pemimpin Redaksi Majalah Tempo pun telah memastikan bahwa cover tersebut hoaks.

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter:

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/1137/keliru-cover-majalah-tempo-berjudul-sang-dalang-perusak-bhinneka

    https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/akWL5rWK-cek-fakta-sampul-majalah-tempo-berjudul-sang-dalang-perusak-bhinneka-ini-faktanya

    Berita Terkait

    [HOAKS] Indonesia adalah Negara dengan Utang Terkecil di Dunia

    Selengkapnya

    [HOAKS] Giveaway Motor CRF dan Uang Rp40 Juta oleh PT Astra Honda

    Selengkapnya

    [HOAKS] Ledakan Dahsyat Gunung Anak Krakatau

    Selengkapnya

    [HOAKS] UNHCR Terancam Terjerat UU Keimigrasian karena Lindungi Pengungsi Rohingya

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA