FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 12-2020

    437

    Lewat Anugerah GPR Millenial, Dirjen IKP Apresiasi Informasi Positif di Medsos

    Kategori Berita Kominfo | mth
    - (FW)

    Jakarta, Kominfo - Anugerah Government Public Relations (GPR) Millenial yang diberikan bagi kalangan aparatur sipil negara (ASN) di Kementerian Komunikasi dan Informatika menjadi bentuk apresiasi atas upaya membagikan informasi yang positif melalui media sosial (medsos).

    "Sebetulnya bentuk pengakuan dalam pekerjaan kita. Dalam konteks bagaimana kita menyebarkan informasi melalui medsos," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Widodo Muktiyo di Jakarta, Selasa (08/12/2020).

    Menurut Dirjen IKP, tugas yang dilakukan oleh humas pemerintah saat maraknya penggunaan ruang digital sangat berat. Karena, harus melakukan serangkaian kegiatan komunikasi yang meluruskan berbagai informasi negatif di berbagai medium, khususnya medsos.

    "Oleh karena itu, seorang humas pemerintah harus konsisten menyebarkan informasi positif terkait kinerja pemerintah saat ini. Melalui berbagai medium kanal komunikasi termasuk medsos. Peran DJIKP dalam menyemai rumput-rumput hijau dalam padang luas Indonesia (informasi negatif) yang mengganggu dunia medsos kita," imbuhnya.

    Dirjen Widodo menegaskan semangat ini yang harus senantiasa dilakukan oleh para kaum muda yang berada di lingkungan kerja Kominfo. Sudah menjadi kewajiban bagi seluruh ASN untuk ikut berpartisipasi secara aktif dalam menyebarkan informasi terkait program strategis pemerintah.

    "Kita terus bersemangat, muda, dinamis profesional dan tidak sekedar hanya kerjanya mesin. Tetapi men-deliver memberi makna terhadap apa yang kita sampaikan dari siapapun selama kita masih aktif," katanya.

    Dirjen IKP berharap, peran aktif para milenial Kominfo di medsos, mampu membuat simpati publik menjadi tergugah terhadap penyelenggaraan negara. Melalui hal itu, tentunya dapat meningkatkan kepercayaan terhadap setiap program strategis pemerintah.

    "Kita adalah generasi yang siap bersaing mendapatkan simpati publik sebagai cara pandang dalam bekerja. Maka sikap melakukan terobosan dalam penyebaran informasi secara masif diperlukan," jelasnya.

    Website DJIKP

    Dirjen Widodo dalam acara itu juga meluncurkan website www.djikp.kominfo.go.id melalui siaran virtual pada Selasa (8/12/2020). "Hari ini saya luncurkan website djikp.kominfo.go.id sebagai media untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang apa yang sedang dan akan dilakukan Kominfo," ujarnya.

    Adanya website ini, menurut Dirjen IKP, akan membuat masyarakat semakin memahami setiap kebijakan maupun program strategis yang dilakukan. Dampaknya, dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap setiap upaya pemerintah dalam mensejahterakan rakyatnya.

    Dengan begitu, setiap kebijakan pemerintah yang dilakukan dapat sepenuhnya didukung oleh masyarakat dari berbagai lapisan. Sinergitas dari setiap individu tentunya sangat penting dalam menyukseskan program pemerintah yang diimplementasikan. "Membantu masyarakat supaya mengerti apa yang dikerjakan pemerintah kedepannya," tuturnya.

    Seiring dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat, maka dapat dipastikan akan berdampak kepada citra instansi secara menyeluruh. Pandangan positif kepada instansi terkait akan membuat integritas dan kredibilitas menjadi semakin baik di persepsi masyarakat.

    "Ini juga meningkatkan citra lembaga kita, sehingga setiap informasi yang disiramkan kepada masyarakat dapat dipercaya sepenuhnya," kata Dirjen Widodo.

    Dirjen IKP meyakini, adanya situs daring ini akan membuat penyebaran informasi terkait kinerja pemerintah dan instansi lainnya semakin masif. Sehingga, ruang digital dalam negeri dapat dipenuhi oleh pesan-pesan positif yang membawa semangat optimisme.

    "Merespons berbagai situasi di masyarakat dan kita terus bergerak mencari solusi solusi terbaik mengatasi persoalan komunikasi di negeri ini," pungkasnya.

    Berita Terkait

    Dirjen IKP: Evaluasi Rutin Konten Agar Berdampak Positif

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo mengatakan, pada tahun 2021 akan mel Selengkapnya

    Dirut BAKTI Apresiasi Kemahiran Disabilitas di Bidang TIK

    Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Anang Latif mengapresiasi kemampuan Selengkapnya

    Jelang Pilkada 2020, Dirjen IKP: Mahasiswa Harus Cerdas Bermedsos

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong mahasiswa harus cerdas dalam bermedia sosial (medsos). Mahasiswa sebagai pemilih muda dalam Selengkapnya

    Awas Disinformasi! Positif Covid-19 setelah Suntikan Vaksin

    Sebuah akun Facebook telah mengunggah sebuah konten berupa tangkapan layar pemberitaan media online dengan judul “Waduh! Relawan yang Suda Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA