FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 11-2020

    1526

    Bea Cukai Gelar Lelang? Awas Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo – Beredar surat berisi informasi daftar dan harga barang lelang. Surat mengatasnamakan Direktorat Jenderal Bea Cukai itu tersebar melalui media sosial. Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan bahwa informasi tersebut tidak benar.

    Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, Syarif Hidayat menyampaikan bahwa itu adalah penipuan. Pihaknya mencatat secara garis besar ada enam modus penipuan yang mengatasnamakan Bea Cukai diantaranya jual beli online barang kiriman dalam negeri, lelang palsu, barang kiriman luar negeri, modus teman yang ditahan karena membawa uang, kiriman diplomatik, dan jasa penyelesaian kasus tangkapan Bea Cukai.

    “Agar terhindar dari penipuan lelang, masyarakat yang berminat mengikuti lelang resmi dapat langsung mengunjungi website penyelenggara diantaranya, www.lelang.go.id, www.kemenkeu.go.id, www.beacukai.go.id, atau subdomain dari akun tersebut,” jelasnya.

    Syarif menekankan bahwa lelang Bea Cukai ataupun Kementerian Keuangan tidak pernah menggunakan rekening atas nama pribadi dan tidak pernah menjanjikan kepada pihak manapun yang menjadi peserta lelang untuk bisa menjadi pemenang lelang.

    “Bagi masyarakat yang mendapati indikasi penipuan seperti beberapa modus tersebut, diharapkan segera melapor ke Kantor Bea Cukai terdekat atau langsung menghubungi contact center Bea Cukai di nomor 1500225,” jelasnya.

    Berikut laporan isu hoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Senin (30/11/2020):

    1. Lelang Mengatasnamakan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai
    2. Prabowo Subianto Dukung Paslon No. 01 Pilkada Kalimantan Tengah 2020
    3. Komunis Cina Disebut Manfaatkan TNI Untuk Adu Domba Rakyat
    4. Nike Bagi-Bagi Ribuan Sepatu dan Masker
    5. Presiden Jokowi Angkat Susi Pudjiastuti Gantikan Edhy Prabowo

    Berita Terkait

    Pemilu 2024 Tak Gunakan Undangan Fisik, Itu Hoaks!

    Komisioner KPU RI Idham Holik membantah surat pemberitahuan atau undangan fisik untuk pemilih tidak lagi ada pada Pemilu 2024. Selengkapnya

    Komputer Penyebar Konten Misinformasi Dinonaktifkan? Awas Hoaks!

    Tidak ditemukan pemberitaan dengan sumber kredibel mengenai penonaktifan komputer yang kerap menyebar konten antimainstream untuk mencegah s Selengkapnya

    File Undangan Pemilu DPT Lewat WA, Awas Hoaks!

    File undangan pemilu DPT tersebut merupakan penipuan. Selengkapnya

    Kontak Ponsel PLN Kota Depok? Awas Hoaks!

    PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat melalui akun Twitter resminya @pln_jabar, mengklarifikasi bahwa nomor pada Google Maps Kantor PLN Kota Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA