FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 11-2020

    354

    Bea Cukai Gelar Lelang? Awas Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo – Beredar surat berisi informasi daftar dan harga barang lelang. Surat mengatasnamakan Direktorat Jenderal Bea Cukai itu tersebar melalui media sosial. Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan bahwa informasi tersebut tidak benar.

    Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, Syarif Hidayat menyampaikan bahwa itu adalah penipuan. Pihaknya mencatat secara garis besar ada enam modus penipuan yang mengatasnamakan Bea Cukai diantaranya jual beli online barang kiriman dalam negeri, lelang palsu, barang kiriman luar negeri, modus teman yang ditahan karena membawa uang, kiriman diplomatik, dan jasa penyelesaian kasus tangkapan Bea Cukai.

    “Agar terhindar dari penipuan lelang, masyarakat yang berminat mengikuti lelang resmi dapat langsung mengunjungi website penyelenggara diantaranya, www.lelang.go.id, www.kemenkeu.go.id, www.beacukai.go.id, atau subdomain dari akun tersebut,” jelasnya.

    Syarif menekankan bahwa lelang Bea Cukai ataupun Kementerian Keuangan tidak pernah menggunakan rekening atas nama pribadi dan tidak pernah menjanjikan kepada pihak manapun yang menjadi peserta lelang untuk bisa menjadi pemenang lelang.

    “Bagi masyarakat yang mendapati indikasi penipuan seperti beberapa modus tersebut, diharapkan segera melapor ke Kantor Bea Cukai terdekat atau langsung menghubungi contact center Bea Cukai di nomor 1500225,” jelasnya.

    Berikut laporan isu hoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Senin (30/11/2020):

    1. Lelang Mengatasnamakan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai
    2. Prabowo Subianto Dukung Paslon No. 01 Pilkada Kalimantan Tengah 2020
    3. Komunis Cina Disebut Manfaatkan TNI Untuk Adu Domba Rakyat
    4. Nike Bagi-Bagi Ribuan Sepatu dan Masker
    5. Presiden Jokowi Angkat Susi Pudjiastuti Gantikan Edhy Prabowo

    Berita Terkait

    Foto Jalan Putus Akibat Gempa Majene? Awas Disinformasi!

    Sebuah konten beredar di media sosial Facebook. Konten berupa tangkapan layar itu menyebutkan klaim adanya jalan di Sendana, Sulawesi Barat Selengkapnya

    Bantuan Pulsa 200 Ribu untuk Mahasiswa, Siswa, Dosen dan Guru, Awas Hoaks!

    Beredar pesan berantai disertai tautan pendaftaran untuk mendapatkan bantuan tunai pulsa sebesar Rp 200 ribu. Konon, bantuan itu diperuntukk Selengkapnya

    Foto Bayi Korban Selamat Kecelakaan Pesawat? Awas Disinformasi!

    Gambar tangkapan layar yang memperlihatkan bayi sedang dievakuasi beredar di Facebook. Selengkapnya

    Tulisan Soal Bukti Ilmiah Terkait Penularan Covid-19? Itu Hoaks!

    Beredar pesan berantai dalam platform pesan instan WhatsApp yang diklaim tulisan DR. dr. Erlina Burhan, MSc, Sp.P(K) tentang bukti ilmiah pe Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA