FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 11-2020

    420

    Jaga Keteduhan Ruang Publik, Humas Perlu Sampaikan Informasi Humanis

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo - Di tengah berbagai isu yang tersebar di ruang publik, petugas hubungan masyarakat Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk memberikan narasi sebagai bentuk respons dan penjelasan kepada publik. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Widodo Muktiyo mengatakan penyampaikan informasi dengan humanis oleh petugas hubungan masyarakat Pemerintah akan menjadikan ruang publik tetap teduh. 
    "Di tengah hantaman isu negatif, kita sebagai humas pemerintah sebaiknya menyampaikan informasi dengan kegiatan-kegiatan humanis dan jangan berikan informasi yang mengelak,” kata Dirjen IKP Kementerian Kominfo dalam Rapat Koordinasi Lintas Kementerian/Lembaga bersama Kantor Staf Presiden, secara daring dari Jakarta, Kamis (26/11/2020). 
    Menurut Dirjen Widodo, dalam setiap aktivitas komunikasi publik hal itu perlu diperhatikan. Terutama dalam membangun narasi yang tidak sekadar materi dan konten berupa penjelasan isu belaka. Hal yang lebih penting, menurutnya harus terdapat narasi alternatif terutama narasi yang bersifat humanis yang dapat menyehatkan iklim publik. 
    "Seharusnya dapat segera ditangani oleh narasi-narasi yang dibangun bersama oleh humas pemerintah. Maka dari itu, antar kementerian dan lembaga berkolaborasi supaya solid dan satu suara. Koordinasi antar kementerian dan lembaga dan Istana dalam komunikasi publik pemerintah perlu diperkuat untuk dapat menyampaikan narasi tunggal secara utuh, sehingga pemerintah itu satu, solid, dan satu suara terkait kebijakan pemerintah," katanya.
    Hal senada disampaikan Kepala Tim Newsroom Kantor Staf Presiden Widiarsih Agustina. Perlu adanya kerja sama dan agenda setting untuk menjaga ruang komunikasi publik. 
    “Agenda setting dilaksanakan untuk dapat bekerja sama membatasi ruang publik supaya tidak gaduh dan menjaga iklim situasi publik tetap sehat serta tidak dipenuhi kebencian.  Kita harus tetap menjaga ruang publik selama Desember tetap teduh," jelas Widiarsih Agustina. 
    Menurut Kepala Tim Newsroom KSP, tahun ini sudah menjadi hal yang berat bagi kita semua. Sehingga perlu kita narasikan cerita pengalaman berjuang serta harapan baru di tahun 2021. “Bangunlah narasi kemanusiaan dan cerita inspiratif yang dapat menimbulkan suatu harapan. Tahun 2020 sudah menjadi hal berat bagi kita semua," ujarnya.
    Pelaksanaan rapat koordinasi lintas kementerian dan lembaga ini ditujukan untuk membangun ekosistem yang lebih baik dan lebih fokus dalam menghadapi isu-isu yang berkembang berkaitan dengan kebijakan pemerintah. Turut hadir secara daring dalam rapat tersebut Tim Newsroom Kantor Staf Presiden, Kepala Biro Humas kementerian dan lembaga, serta pejabat tinggi pratama di lingkungan Ditjen IKP Kementerian Kominfo. 

    Berita Terkait

    KPI Ingatkan Durasi Siaran Lokal 10% untuk Informasi Bencana

    Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengingatkan kembali seluruh lembaga penyiaran televisi induk jaringan agar memperhatikan durasi program si Selengkapnya

    Evakuasi Hewan Purba Menyerang Warga, Awas Disinformasi!

    Sebuah video pendek menampilkan sosok yang menyerupai hewan purba sedang diturunkan dari kendaraan truk oleh sejumlah orang. Hewan tersebut Selengkapnya

    WNI Keturunan Dilarang Jadi Anggota Polri? Awas Disinformasi!

    Beredar sebuah konten disertai foto di media sosial Facebook yang menyesalkan di rezim Presiden Joko Widodo terdapat aparatur negara atau po Selengkapnya

    Gelombang Panas Melanda Indonesia? Awas Hoaks!

    Telah beredar konten unggahan di media sosial Facebook yang menyebutkan saat ini Indonesia sedang dilanda gelombang panas. Hal itu disokong Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA