FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 11-2020

    574

    Lewat DEA-DTS 2020, Kominfo Tingkatkan Daya Saing Pelaku UMKM Kotamobagu

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Kotamobagu, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan bantuan stimulan pelatihan Digital Talent Scholarship untuk pelaku UMKM. Salah satu targetnya untuk meningkatkan daya saing UMKM di era digital. 

    "Pengembangan Sumber Daya Manusia kini tengah menjadi prioritas pemerintah terlebih di masa Pandemi Covid-19 ini. Salah satu program untuk meningkatkan kualitas SDM guna meningkatkan daya saing adalah melalui pelatihan TIK yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi saat ini,” jelas Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Manado, Christiany Juditha,  dalam sambutan Pembukaan Bimbingan Teknis Digital Enterpreneurship Academy (DEA) DTS 2020 bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Mengengah (UMKM) di Hotel Sutan Raja, Kotamobagu, Rabu (25/11/2020).

    Menurut Christiany, masa pandemi Covid-19 ini memaksa semua pelaku usaha baik kecil maupun besar untuk beradaptasi dari manual ke digital. "Menanggapi peluang ini, Kementerian Kominfo membantu UMKM dengan melaksanakan program peningkatan skill digital marketing bagi para pelaku UMKM," jelasnya. 

    Mengutip data Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kotamobagu,, pada tahun 2020 menunjukkan ada 2905 UMKM yang telah terdaftar. "Tidak termasuk online shop. Sehingga pelatihan meningkatan keterampilan digital untuk pengembangan usaha sangat dibutuhkan," ungkapnya.

    Penyelenggaraan pelatihan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. "Bagi para peserta, pengajar dan panitia yang wajib mengikuti Rapid Test, dan dilaksanakan dengan peserta yang terbatas dalam satu ruang kelas yaitu 20 peserta," jelas Kepala BPSDMP Manado.

    Sekretaris Daerah Kotamobagu, Sande Dodo mengatakan bahwa Pemerintah Kota sangat menyambut baik kegiatan pengembangan keterampilan bidang digital. "Pelatihan bagi pada pelaku usaha kecil menengah yang digagas oleh Kementerian Kominfo ini Pemkot sambut baik," ungkapnya. 

    Oleh karena itu, Sande berharap peserta dapat mengikuti dengan baik pelatihan ini dan dapat mengembangkan usaha dan meningkatkan pendapatan ekonomi.
    Kegiatan diikuti oleh 60 peserta, yang terdiri dari pemilik maupun karyawan UMKM atau home industry di wilayah Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaag Mongondow dan Bolaag Mongondow Selatan. 

    Hadir dalam kegiatan ini juga sebagai narasumber, Kepala Dinas Perdagangan dan UKM Kotamobagu, Herman J. Aray dan Kepala Cabang BRI Kotamobagu, Erwin Sapari serta Kepala Dinas Kominfo Kotamobagu, Ahmad Yani Umar.

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    Akan Diresmikan Presiden, Kominfo Targetkan PDN Tuntas Agustus 2024

    Selain di Bekasi, Kementerian Kominfo merencanakan pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Nusantara. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA