FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 11-2020

    478

    [HOAKS] Angka Bunuh Diri di AS Meningkat 200 Persen Selama Pandemi Covid-19

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar sebuah postingan yang menyatakan bahwa angka bunuh diri di Amerika Serikat meningkat selama pandemi Covid-19. Narasi ini telah beredar di media sosial Instagram. Pada postingan tersebut terdapat narasi yang mengatakan bahwa, "Angka bunuh diri naik 200% sejak lockdown. Bisakah 2 teman mengcapture dan membagikannya? Kami mencoba menunjukkan bahwa seseorang akan selalu mendengarkan. Hubungi 1-800-273-8255 (Hotline AS)."

    Berdasarkan penelusuran, klaim mengenai peningkatan angka bunuh diri sebanyak 200 persen selama pandemi di Amerika Serikat tidak berdasar. Faktanya, sampai saat ini tidak ada bukti dan data statistik valid yang menunjukkan adanya kenaikan angka bunuh diri hingga 200%. Rajeev Ramchand penasihat senior Epidemiologi psikiatri dan pencegahan bunuh diri The National Institute of Mental Health, Amerika menyatakan bahwa belum ada data nasional di Amerika yang meringkas terkait jumlah kematian akibat bunuh diri, keinginan bunuh diri, atau jumlah yang berkeinginan bunuh diri selama pandemi. Ia menambahkan, bahwa menghitung angka kematian bunuh diri membutuhkan waktu lama untuk diidentifikasi. "Biasanya kami tidak memiliki data nasional tentang kematian akibat bunuh diri selama 13 bulan, hingga setelah kalender akhir tahun. Hal ini berarti data mengenai angka kematian akibat bunuh diri selama pandemi di wilayah Amerika Serikat tidak tersedia hingga Januari 2022."

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter:

    https://turnbackhoax.id/2020/11/21/salah-presentase-bunuh-diri-naik-200-selama-lockdown/

    https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/0kp425Lk-cek-fakta-angka-bunuh-diri-di-as-meningkat-200-persen-selama-pandemi-ini-faktanya

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Prosesi Pengurusan Jenazah Penyanyi Spanyol Julio Iglesias yang Meninggal Karena Covid-19

    Selengkapnya

    [HOAKS] Kayu India Bisa Sembuhkan Covid-19

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Jepang Batalkan Olimpiade 2021 karena Covid-19

    Selengkapnya

    [HOAKS] Nomor Telepon Satgas Covid-19 DKI

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA