FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 11-2020

    1357

    [HOAKS] Surat Permintaan Utang Mengatasnamakan Ridwan Kamil

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar surat permintaan utang mengatasnamakan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Dalam surat tersebut terdapat dua versi yang beredar, yakni dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Dalam surat berbahasa Inggris, Ridwan Kamil meminjam uang kepada Bank Dunia sebesar Rp1,75 miliar dan akan dikembalikan dalam tempo 30 hari dengan imbalan bunga lima persen. Sementara surat kedua dalam Bahasa Indonesia ditujukan kepada salah satu distributor motor, PT Daya Adicipta Motora dengan pinjaman sebesar  Rp550 juta dan juga akan dikembalikan dalam waktu satu bulan dengan imbalan bunga lima persen.

    Setelah ditelusuri, diketahui surat permintaan utang Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Bank Dunia dan salah satu distributor motor adalah tidak benar. Dikutip dari laman Instagram @jabarsaberhoaks, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Jawa Barat, Hermansyah mengklarifikasi bahwa surat yang beredar tersebut adalah palsu. Hermansyah menegaskan, Ridwan Kamil tidak pernah memohon pinjaman uang kepada pejabat Bank Dunia dan presiden direktur salah satu distributor motor, PT Daya Adicipta Motora, baik atas nama pribadi maupun atas nama Gubernur Jawa Barat.

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter:

    https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4407406/cek-fakta-hoaks-surat-utang-mengatasnamakan-gubernur-jabar-ridwan-kamil

    https://www.instagram.com/p/CHg1XhiHrAr/

    https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-surat-permohonan-pinjaman-dana-mengatasnamakan-gubernur-ridwan-kamil.html

    Berita Terkait

    [HOAKS] Akun Facebook dan WhatsApp Mengatasnamakan Brigjen Pol Yehu Wangsajaya

    Selengkapnya

    [HOAKS] Gambar Pesawat Jatuh di Perairan Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur

    Selengkapnya

    [HOAKS] Presiden Jokowi Bentak Harvey Moeis atas Kasus Korupsi Timah

    Selengkapnya

    [HOAKS] FIFA Batalkan Kemenangan Qatar atas Indonesia di Piala Asia U-23

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA