FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 10-2020

    1634

    [DISINFORMASI] Video saat Polisi Prancis Tutup Masjid atas Perintah Presiden Macron

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar unggahan video di media sosial Facebook yang memperlihatkan sekumpulan orang di dalam sebuah ruangan dipaksa keluar oleh puluhan Polisi. Dua pria yang dipaksa keluar tampak mengenakan peci. Adapun para wanita dalam ruangan itu terlihat memakai jilbab. Dalam video itu, terlihat pula seorang pria yang memegang bendera Prancis. Video ini diklaim sebagai video saat Polisi menutup masjid di Prancis atas perintah Presiden Emmanuel Macron.

    Faktanya, klaim bahwa video tersebut merupakan video saat Polisi Prancis menutup masjid atas perintah Presiden Macron adalah keliru. Berdasarkan pemeriksaan fakta Tempo, diketahui video itu menunjukkan peristiwa pada 2017, jauh sebelum Pemerintah Prancis memutuskan untuk menutup sebuah masjid di Paris lantaran diduga sebagai kantong kaum radikal, usai aksi teror pemenggalan seorang guru yang bernama Samuel Paty. Video tersebut merupakan video ketika Polisi mengevakuasi jemaah dari bangunan milik Pemerintah Kota Clichy, Paris, Prancis, yang dijadikan masjid oleh asosiasi muslim setempat. Evakuasi itu dilakukan karena masa sewa asosiasi tersebut telah habis, dan pemerintah bermaksud menjadikannya sebagai perpustakaan.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/1080/fakta-atau-hoaks-benarkah-ini-video-saat-polisi-prancis-tutup-masjid-atas-perintah-macron

    Berita Terkait

    [HOAKS] Proposal Surat Pencairan Dana Mengatasnamakan Otoritas Jasa Keuangan

    Selengkapnya

    [HOAKS] Investasi Franchise Mengatasnamakan Lawson Indonesia

    Selengkapnya

    [HOAKS] Komisi Pemilihan Umum Telah Menerbitkan Jadwal Pemilihan Presiden Putaran Kedua

    Selengkapnya

    [HOAKS] Aksi Demonstrasi Mahasiswa Lengserkan Presiden Jokowi

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA