FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 10-2020

    1722

    Menko Polhukam: SPBE Tingkatkan Keterpaduan dan Efisiensi

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Moh. Mahfud MD untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya diperlukan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Sedangkan untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik diperlukan tata kelola dan manajemen Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) secara nasional.

    SPBE merupakan suatu sistem tata kelola pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi secara menyeluruh dan terpadu dalam pelaksanaan administrasi pemerintahan dan penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan pada suatu instansi pemerintahan.

    “SPBE adalah upaya melakukan pemangkasan biaya dan waktu, serta meminimalisir terjadinya praktik korupsi dalam pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah, serta dapat mewujudkan proses kerja yang efisien dan efektif serta meningkatkan kualitas pelayanan publik,” kata Menko Polhukam Mahfud MD dalam acara Penetapan dan Peluncuran Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis dan Aplikasi Umum Bidang Pengaduan Pelayanan Publik di kantor Kemenpan RB, Jakarta, Selasa (27/10/2020).

    Menko Polhukam menegaskan jika Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau e-Government merupakan sesuatu yang tidak terhindarkan saat ini. Menurutnya, orang yang tidak visioner yang berpikir jika kerja itu hanya bisa dilakukan secara manual.

    Electronic government menjadi sesuatu yang tidak terhindarkan saat ini. Hanya orang yang tidak punya visi atau orang yang tidak visioner yang berpikir bahwa kerja itu hanya bisa dikerjakan secara manual,” ujar Menko Polhukam Mahfud MD. 

    Menurut Menko Polhukam, penggunaan TIK yang merupakan embrio dari e-Government bukan barang baru, termasuk di kalangan birokrasi pemerintah. Namun dalam implementasinya masih bersifat silo-silo (suka-suka), sehingga terjadi inefisiensi.

    “Semakin majunya teknologi, sistem pengeleolaan pemerintahan harus mempersiapkan diri dan menyesuaikan dengan kemajuan teknologi yang ada. Indonesia yang saat ini telah berbenah untuk menanggulangi permasalahan tersebut dan salah satu upaya pencegahan korupsi dengan mengimplementasikan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang akan meminimalkan pemrosesan data, pelayanan dan transaksi yang bersifat manual,” kata Menko Polhukam Mahfud MD.

    Dalam kesempatan tersebut, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini mengapresiasi Tim Koordinator SPBE Nasional dalam melaksanakan tugas yang diamanatkan dalam Perpres 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Dikatakan, untuk mewujudkan penerapan SPBE ini menjadi tugas bersama dan melibatkan beberapa sektor sehingga kendala dan hambatan dapat segera diselesaikan.

    “Apabila masih ada kendala atau permasalahan yang perlu segera diselesaikan, maka mari kita lebih bersinergi sehingga kita dapat mewujudkan pemerintahan yang bersih, akuntabel dan pelayanan publik yang prima,” kata Menko Polhukam Mahfud MD.

    Berita Terkait

    Wapres Minta TNI AD Turut Sukseskan Pemilu dan Tingkatkan Peran Sejahterakan Masyarakat

    Wapres menekankan pentingnya peran TNI AD dalam membantu menyukseskan pelaksaan pesta demokrasi, Pemilu dan Pilpres 2024. Selengkapnya

    Wapres Sambut Baik Gerakan Jaga Keutuhan Bangsa

    Wapres menyambut baik Gerakan Nurani Bangsa yang digagas para tokoh bangsa. Gerakan menjaga keutuhan bangsa memang harus terus digaungkan ke Selengkapnya

    Presiden Minta Keterpaduan Layanan Digital Pemerintah

    Presiden memerintahkan jajarannya untuk melakukan penyederhanaan layanan berbasis digital yang dimiliki serta mencegah terjadinya pemborosan Selengkapnya

    Pemerintah Imbau Tingkatkan Kewaspadaan terhadap Covid-19 di Akhir 2023

    Dengan menerapkan protokol kesehatan diharapkan aktivitas masyarakat terutama wisatawan di destinasi pariwisata dan sentra ekonomi kreatif d Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA