FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 10-2020

    403

    PR Jadi Jantung Organisasi untuk Stimulasi Publik

    Kategori Berita Kementerian | mth

    Jakarta, Kominfo - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo, menyatakan public relations atau kehumasan merupakan jantung organisasi yang berperan menstimulasi publik dengan informasi.

    "Public Relations adalah jantung organisasi yang berperan menstimulasi publik dengan informasi," ujarnya dalam pemberian penghargaan Teropong Public Relations (TPR) Award 2020 dari Jakarta, Selasa (27/10/2020).

    Menurut Dirjen IKP, setiap PR organisasi memiliki caranya sendiri dalam mengelola komunikasi dan menjaga hubungan baik dengan publik, terutama dalam hal menciptakan brand perusahaan. "Komunikasi publik adalah basis kesepemahaman untuk menghasilkan cita-cita organisasi," paparnya.

    Dirjen Widodo mengapresiasi penyelenggaraan penghargaan kepada insan PR. "Saya senang sekali kita memberikan apresiasi terkait PR dalam acara TPR Award 2020. Kami dari Kemenkominfo sangat senang karena kami juga memberikan upaya infrastruktur komunikasi bagi negeri," jelasnya.

    Kominfo Rebut Best Government

    Teropong Public Relations (TPR) Award 2020 digelar oleh media Teropong Senayan untuk memberikan apresiasi sebesar-besarnya terhadap peran dan fungsi Public Relations dalam menunjang kinerja sebuah institusi maupun perusahaan.

    "Teropong Senayan ingin memberikan penghargaan kepada institusi dan perusahaan yang terbukti mampu mengelola peran Public Relations dengan baik hingga tercipta pemberitaan dan citra yang positif di masyarakat." jelas Pemimpin Redaksi Teropong Senayan, Rihad Wiranto.

    Menurut Rihad,  penghargaan ini berlandaskan pada proses riset dengan metode media content analysis. Metode ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana isi dan pesan sebuah konten dari berbagai pemberitaan mengenai instansi yang bersangkutan.

    "Umumnya sebuah pemberitaan, baik itu internal maupun eksternal, terhadap sebuah institusi dapat diketahui maknanya, apakah pemberitaan itu mengesankan pesan positif atau negatif, dan yang pasti akan berdampak pada khalayak. Di ranah eksternal institusi, akan kita dapati bagaimana sentimen masyarakat. Institusi yang mendapat sentimen positif menandakan kinerja public relations terjalankan dengan baik," kata Rihad.

    Hasil kajian riset juga didasarkan pada desk riset, media insight, dan review dari juri TPR Award 2020 yang terdiri dari: Komisi I DPR RI, Meutya Viada Hafid; Wakil Ketua Persatuan Humas (Perhumas), Rizki Septiana; dan Ketua Umum Asosiasi Public Relations Indonesia, Jojo S. Nugroho.

    Menurut Rihad, proses awal mengandalkan strategi media monitoring dengan mengamati pemberitaan secara online terhitung sejak awal tahun mengenai institusi, perusahaan, hingga yayasan yang berada di lingkup pemerintah maupun swasta. Tahap awal lalu dilanjutkan pada proses cleansing and selection oleh tim juri untuk memastikan peserta yang memenuhi kualifikasi.

    Proses berlanjut dengan menetapkan institusi dan perusahaan yang dinilai mempunyai planning, strategy, and solutions terhadap manajemen komunikasi publik oleh Public Relations. Mereka yang terpilih, kata Richard, berhak mendapatkan apresiasi pada ajang Teropong Public Relations Award 2020.

    "Kami ucapkan selamat kepada para pemenang yang meraih penghargaan TPR Award 2020. Apresiasi tinggi yang kami berikan ini semoga menjadikan penyemangat keberlanjutan kerja-kerja kehumasan yang lebih baik lagi. Di luar itu, kami juga mendorong PR lembaga lain untuk menunjukkan fungsi messenger-nya agar dapat membawa pengaruh baik bagi publik," tuturnya.

    Berikut daftar peraih penghargaan Teropong Public Relations Award 2020:

    A. Kategori Best Active Social Media

    1. PT Transportasi Transjakarta
    2. PT Prudential Life Assurance
    3. PT Pegadaian (Persero)
    4. Aksi Cepat Tanggap (ACT)
    5. Kepolisian Negara Republik Indonesia
    6. PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk
    7. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

    B. Kategori Best Use of Digital Innovation

    1. PT Pegadaian (Persero)
    2. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
    3. PT Telekomunikasi Seluler
    4. PT Bank DKI 
    5. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
    6. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
    7. PT BNI Life Insurance
    8. PT Transportasi Transjakarta

    C. Kategori Best CSR of Communication

    1. PT Pertamina (Persero) Tbk
    2. Aksi Cepat Tanggap
    3. PT Pertamina Lubricants
    4. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
    5. PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk

    D. Kategori Best of Media Relation

    1. PT Telekomunikasi Seluler
    2. PT Pertamina (Persero) Tbk
    3. PT Pertamina Lubricants
    4. Kepolisian Republik Indonesia

    E. Kategori Best Appearance Online and Print Media

    1. PT Pertamina (Persero) Tbk
    2. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
    3. PT Bank DKI 
    4. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

    F. Kategori Best Community Engagement

    1. PT Bank DKI 
    2. PT Pertamina Lubricants
    3. PT Kapal Api Global

    G. Kategori Best Government

    1. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia
    2. Kepolisian Negara Republik Indonesia
    3. Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia

    H. PR of the Year
    PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

    Berita Terkait

    Refocusing Anggaran untuk Percepat Transformasi Digital

    Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti menyatakan pandemi Covid-19 telah memperlambat perekon Selengkapnya

    Ada Surat Undangan untuk Bimtek dari LKPP, Awas Hoaks!

    Melalui jejaring media sosial, beredar surat undangan mengatasnamakan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang ditujuk Selengkapnya

    Penyederhanaan Jabatan Jadikan Organisasi Lebih Fleksibel

    Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan penyederhanaan jabatan a Selengkapnya

    KPI Dukung Kebijakan Digitalisasi Penyiaran untuk Kepentingan Publik

    Digitalisasi penyiaran memberikan keuntungan bagi masyarakat, baik secara mikro maupun makro. Secara mikro, masyarakat akan mendapatkan kual Selengkapnya