FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 10-2020

    4749

    [DISINFORMASI] Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) : Masker Tidak Diperlukan karena Covid-19 Tidak Menyebar melalui Udara.

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar narasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyatakan bahwa virus Covid-19 tidak pernah menyebar ke udara sehingga penggunaan masker tidak diperlukan.

     

    Berdasarkan penelusuran, klaim Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyatakan bahwa virus Covid-19 tidak pernah menyebar ke udara sehingga penggunaan masker tidak diperlukan adalah keliru. CDC pada 18 September 2020 menulis di situs CDC bahwa ada kemungkinan Covid-19 dapat menyebar melalui tetesan dan partikel di udara yang terbentuk ketika pengidap Covid-19 batuk, bersin, bernyanyi, berbicara, atau bernapas. CDC juga merekomendasikan penggunaan masker untuk menahan sebaran Covid-19 karena ada juga bukti yang berkembang bahwa tetesan dan partikel di udara dapat tetap melayang di udara dan dihirup orang lain. Sebelumnya, badan kesehatan dunia WHO pada 9 Juli 2020 menegaskan, salah satu cara penularan SARS-CoV-2 adalah transmisi udara. WHO menjelaskan, penularan melalui udara didefinisikan sebagai penyebaran agen infeksius yang disebabkan sebaran droplet nuklei (aerosol) yang tetap menular saat melayang di udara dalam jarak dan waktu yang jauh. 

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/26/142730765/hoaks-cdc-menyatakan-covid-19-tidak-menyebar-lewat-udara

    Berita Terkait

    [HOAKS] Surat Undangan Pelatihan dan Penerimaan Bantuan Modal Kemendag di Bali

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] KPU Tolak Pendaftaran Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Kantor Pertamina Ahok Digeledah oleh KPK dan Ditemukan Uang Triliunan Rupiah

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Vaksin Covid-19 Dapat Menular Melalui Hubungan Seksual

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA