FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 10-2020

    2416

    Pemerintah Akselerasi Akses Internet di Puskesmas dan Rumah Sakit

    Kategori Sorotan Media | meit001

    JAKARTA, investor.id - Pemerintah berkomitmen mengakselerasi akses internet di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) di seluruh wilayah Indonesia, yakni di puskesmas dan rumah sakit untuk mendukung penanganan Covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional (PEN).

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, upaya itu  merupakan prioritas yang perlu dilakukan untuk percepatan penanganan pandemi Covid-19. Hal tersebut dilakukan dengan mendukung perluasan dan peningkatan kualitas infrastruktur telekomunikasi.

    Ada tiga agenda yang diutamakan, yaitu optimalisasi telekomunikasi antar dan intra fasyankes, peningkatan kualitas arus data fasyankes, serta pemanfaatan aplikasi kesehatan berbasis digital, khususnya di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

    “Layanan akses internet ini akan mencakup rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang belum memiliki akses internet, atau yang sudah tersedia namun kualitasnya belum memadai,” ujar Menkominfo, dalam konferensi virtual dari Media Center KPCPEN Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Jakarta, Rabu (14/10).

    Mengutip data Kementerian Kesehatan, hingga 31 Desember 2019, terdapat 2.877 rumah sakit dan 10.134 puskesmas di Indonesia. Dari total 13.011 fasyankes tersebut, Badan Layanan Umum Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kemenkominfo mengidentifikasi ada 3.126 fasyankes yang membutuhkan optimalisasi layanan internet.

    Dari jumlah 3.126 fasyankes, tahun 2019, Bakti telah menyediakan akses internet di 226 titik fanyankes. Pada 2020, melalui kerja sama dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Bakti akan mempercepat layanan internet di 2.192 fasyankes.

    Johnny menyatakan, akselerasi akses internet untuk 708 fasyankes sisanya akan diselesaikan pada kuartal I-2021. “Dengan demikian, Kemenkominfo akan menuntaskan penyediaan akses internet di seluruh fasyankes pada kuartal I-2021,” ungkapnya. 

    Ketersediaan akses internet di fasyankes tersebut diharapkan dapat mendukung program-program kesehatan masyarakat untuk jangka panjang, baik untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi, mencegah stunting, mendukung program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga, dan peningkatan layanan kesehatan melalui telemedicine.

    “Pemerintah berharap ketersediaan akses internet dapat mendukung program-program kesehatan masyarakat untuk jangka panjang. Poin terakhir ini sekaligus mendukung agenda pemerintah dalam Percepatan Transformasi Digital Nasional sesuai arahan Presiden Bapak Joko Widodo,” papar Menkominfo.

    Roadmap

    Untuk merealisasikan arahan Presiden tersebut, menurut Johnny, saat ini Kemenkominfo sedang menyusun Roadmap Indonesia Digital. “Di mana, salah satu program yang termuat dalam roadmap tersebut adalah peningkatan akses layanan kesehatan,” tegasnya.

    Beberapa inisiatif yang masuk dalam Roadmap Indonesia Digital, khususnya sektor kesehatan, hingga tahun 2024, antara lain perluasan jangkauan infrastruktur digital dalam mendukung layanan kesehatan melalui telehealth/telemedicine.

    Penerapan registrasi kesehatan digital nasional, termasuk manajemen data dan health record. Pengembangan hub dan ekosistem teknologi medis. Penerapan analytics untuk manajemen penyakit, antara lain untuk meningkatkan akurasi diagnosa.

    Kemudian, perluasan pelacakan kontak dan implementasi digitalisasi untuk mendorong hidup yang lebih sehat.

    Selain penyediaan akses internet, Menkominfo mendorong pemerintah untuk terus meningkatkan literasi digital dan penyiapan talenta digital untuk mendukung pemanfaatan teknologi di bidang kesehatan.


    Sumber: Investor.id
    Pewarta: Abdul Muslim
    Link: https://investor.id/it-and-telecommunication/pemerintah-akselerasi-akses-internet-di-puskesmas-dan-rumah-sakit 

    Berita Terkait

    BAKTI tuntaskan penyediaan akses internet bagi 3.126 Puskesmas dan rumah sakit

    Badan Aksesibiitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) menuntaskan program penyediaan akses internet bagi 3.126 Puskesmas dan rumah sakit s Selengkapnya

    Hari Nusantara Jadi Momentum Akselerasi Transformasi Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate mengatakan bahwa Hari Nusantara yang jatuh pada Minggu (13/12) dapat menj Selengkapnya

    Kemenkominfo Pastikan Akses Internet Lancar di Posko Pengungsian Erupsi Gunung Api Ile Lewotolok

    Kemenkominfo melalui Badan Layanan Umum (BLU) Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) mengirimkan bantuan pemasangan jaring Selengkapnya

    Pemerintah Akselerasi Penyediaan Internet di Fasyankes

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menegaskan, pemerintah berkomitmen melakukan akselerasi penyediaan akses int Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA