FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 10-2020

    2406

    [HOAKS] Infografis yang Mencatut Nama Bawaslu Kepulauan Riau

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar di sosial media khususnya di kalangan pegawai Pemerintahan Provinsi Riau, sebuah infografis yang mencatut nama Bawaslu. 

    Dikutip dari kepri.bawaslu.go.id, infografis yang mencatut nama Bawaslu adalah sebuah infografis palsu atau hoaks. Indrawan Susilo Prabowoadi, SH., MH selaku Koordinator Divisi Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Data Informasi Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau menjelaskan, dalam infografis tersebut terdapat beberapa poin yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang tercantum. Saat ini, Undang-Undang yang dipakai adalah Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 (Undang-Undang Pilkada), bukan menggunakan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 (Undang-Undang Pemilu) terkait dengan pihak-pihak yang dilarang dalam kegiatan kampanye,  yaitu Pasal 70 Ayat 1 UU Nomor 10 Tahun 2016. Selain itu dalam pasal 71 Ayat 1 UU Nomor 10 Tahun 2016 menyebutkan, pejabat negara, pejabat daerah, pejabat aparatur  sipil negara, anggota TNI/POLRI, dan kepala desa atau sebutan lain/lurah dilarang membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon. Lebih lanjut Indrawan menghimbau kepada masyarakat untuk dapat meneliti tentang kebenaran informasi yang diterima dengan cara menanyakan langsung ke penyelenggara pemilu atau mengunjungi website dan media sosial resmi penyelenggara pemilu.

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter:

    https://kepri.bawaslu.go.id/index.php?no=304&id=8&module=news_detail&fbclid=IwAR2LQAiygYp-N6LaS8a8b3Au_ew8Pfpl8I-4w_WYzSQ1tfq-nfMlRiHJUZc

    https://www.facebook.com/Bawasluprovkepri/posts/2688861681329209

    Berita Terkait

    [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Kejari Kabupaten Taliabu

    Selengkapnya

    [HOAKS] Bumi akan Gelap selama Tiga Hari Mulai dari 8 April 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Pendaftaran Pesta Poin Berhadiah dari Bank Kalimantan Selatan

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Anak Kecil Tewas Tersetrum Sepeda Listrik

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA