FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 10-2020

    3073

    Kominfo Bangun Infrastruktur Digital di 41 Desa di DIY

    Kategori Sorotan Media | Viska
    Menteri Kominfo Johnny G Plate memberikan keterangan di Yogyakarta, Jumat (16/10). - (MI/Agus Utantoro)

    KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan perhatian yang serius pembangunan infrastruktur digital di Daerah Istimewa Yogyakarta.

    Hal itu disampaikan Menteri Kominfo Johnny G Plate saat melakukan peninjauan di salah satu titik pembangunan infrastruktur digital yang berada di Kawasan Perbukitan Menoreh, yakni di Desa Pagerharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Jumat (16/10).

    Pembangunan infrastuktur digital berupa peningkatan layanan internet 4G. Data dari Kominfo menunjukkan masih ada 12.548 desa/kelurahan se-Indonesia yang belum terjangkau jaringan 4G. Dari jumlah tersebut, 41 di antaranya berada di Yogyakarta.

    Kominfo menargetkan pembangunan ini rampung pada tahun 2022. Pembangunan infrastuktur digital akan dikawal oleh badan khusus Kominfo, yakni Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) yang bekerja sama dengan perusahaan seluler.

    "Infrastuktur digital dibangun untuk mendukung layanan sinyal 4G. Program ini menggunakan APBN melalui BAKTI Kominfo dengan menggandeng perusahaan seluler," kata Johnny.

    Khusus di Yogyakarta, ujarnya, peningkatan layanan 4G akan dipercepat untuk mendukung sektor Pariwisata, Pendidikan dan UMKM.

    Sementara Anggota Komisi VI DPR Fraksi Partai NasDem, Subardi yang turut mendampingi Menkominfo mengaku siap mendukung program ini. Legislator dari Dapil Yogyakarta itu akan mengawal realisasi program 4G melalui jaringan aspirasi yang ia terima.

    "Banyak warga yang menyampaikan aspirasinya agar layanan internet murah dan cepat. Saya dukung sepenuhnya, baik dari supporting anggaran di DPR maupun realisasinya di lapangan," ujarnya.

    Desa Pagerharjo dipilih sebagai titik kunjungan karena basis ekonominya bergantung pada pariwisata dan UMKM. Potensi desa Pagerharjo sangat besar karena daerah ini berada di lereng bukit Menoreh. Subardi berharap kunjungan wisatawan di Pagerharjo akan ramai seperti halnya di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman dan Kabupaten Gunungkidul.

    "Pagerharjo akan menjadi pilot project bagaimana pembangunan internet akan efektif membawa kesejahteraan. UMKM akan maju seiring pesatnya Pariwisata, dan itu membutuhkan layanan internet yang kuat," ujar Subardi.

    Sebelum ke Kulonprogo, Menteri Kominfo bersama Subardi bertemu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X membahas Digitalisasi Aksara Jawa. Kunjungan ini ke Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta.

    Sekolah tinggi di bawah Kemenkominfo ini akan dirancang sebagai pusat pembentukan SDM digital atau talenta digital. (H-3)

    Pewarta: Agus Utantoro

    Sumber: https://mediaindonesia.com/read/detail/353613-kominfo-bangun-infrastruktur-digital-di-41-desa-di-diy

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Kemkominfo Tambah Fitur Aplikasi Simonas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menambahkan beberapa fitur terbaru di aplikasi Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertif Selengkapnya

    Yayasan BAKTI Kominfo Salurkan Bantuan Paket Data kepada Korban Banjir

    Yayasan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia memberikan sejum Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA