FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 10-2020

    15687

    [HOAKS] Cara Deteksi Ponsel Disadap Menggunakan Nomor IMEI

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar sebuah pesan cara mendeteksi ponsel yang disadap di media sosial. Dalam pesan tersebut, dijelaskan bahwa cara mendeteksi ponsel yang disadap dengan menggunakan nomor IMEI. Dalam narasi postingan tersebut dijelaskan bahwa, "cara mengecek nomor IMEI di ponsel adalah dengan ketik *#06#. Jika tertera nomor IMEI yang disertai dengan garis miring angka 1 (sebagai contoh 12345678/1) berarti ponsel kita sedang dipantau atau diawasi Tim Cyber Mabes Polri. Jika tertera angka /2, berarti anda sudah masuk dalam target penyergapan. Masyarakat dihimbau agar mengurangi aktifitas di Facebook dengan tidak memposting atau mengkritik pemerintahan sekarang," demikian penggalan dari narasi berdasarkan postingan tersebut.

    Berdasarkan penelusuran, klaim mengenai cara deteksi ponsel kita disadap menggunakan nomor IMEI adalah tidak benar. Faktanya, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan klarifikasi terkait informasi tersebut dan dijelaskan bahwa nomor IMEI selular dapat diketahui dengan cara menekan *#06#. Sementara, dua digit terakhir yang dilambangkan dengan /01 atau /02 adalah nomor versi perangkat lunak dan bukan pertanda ponsel sedang disadap.

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter:

    https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-cara-deteksi-ponsel-disadap-menggunakan-nomor-imei.html

    https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/15/173000765/-hoaks-nomor-imei-tertentu-dipantau-tim-cyber-mabes-polri

    https://kominfo.go.id/content/detail/13160/siaran-pers-no-114hmkominfo052018-tentang-penjelasan-adanya-hoax-terkait-informasi-viral-imei-dan-cyber-crime-polri/0/siaran_pers

    Berita Terkait

    [HOAKS] Penawaran Tebus Murah iPhone Mengatasnamakan Puskesmas Kuta Utara

    Selengkapnya

    [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Wali Kota Samarinda Dr. H. Andi Harun

    Selengkapnya

    [HOAKS] Terjadi Kebocoran pada Gerbong Kereta Cepat Whoosh

    Selengkapnya

    [HOAKS] Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Mempromosikan Obat Hipertensi

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA