FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 10-2020

    93

    Hadapi Pandemi, Menkominfo Tekankan Transformasi Model Bisnis dan Percepat Digitalisasi

    Kategori Berita Kementerian | Irso
    - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menilai, pandemi Covis-19 membawa perubahan signifikan dalam menjalani aktivitas sehari-hari, termasuk dalam kegiatan bisnis. Menurutnya, pandemi menciptakan urgensi yang tidak dapat dihindari oleh dunia usaha. 

    “Model bisnis yang sudah dirancang sedemikan rupa dan berfungsi baik selama ini dituntut untuk segera ditransformasikan dan didigitalisasikan secara cepat,” ujarnya dalam Forum Diskusi CxO Dialogue BeritaSatu x IBM “Emerge as a Stronger Brand in the Next Normal: Advancing Company, Advancing Country Through Digital Transformation”, dari Jakarta, Rabu (14/10/2020).

    Menurut Menteri Kominfo selama ini dalam dunia bisnis mengenal istilah “yang terkuat yang akan menang”. Namun di era digital ini bukan hanya terkuat yang akan bertahan, tetapi orang yang paling adaptif dan yang paling tangkas untuk menghadapi perubahan. 

    “Dengan kata lain, dua kunci utama untuk menjaga keberlangsungan usaha, yaitu adaptability dan juga agility,” jelasnya.

    Menteri Johnny memberikan apresiasi kepada BeritaSatu dan IBM yang menggelar forum untuk bertukar ide dan pengalaman selama masa pandemi Covid-19. “Saya amat mengapresiasi BeritaSatu dan IBM yang telah berkolaborasi mengadakan acara diskusi pada hari ini. Saya berharap forum diskusi ini dapat menjadi tempat bagi kita bertukar ide dan pengalaman, agar dapat terus bertahan, berkembang, dan keluar sebagai pemenang di akhir nanti,” ujarnya.

    Target Transformasi Digital

    Menurut Menteri Kominfo, masa pandemi Covid-19 semakin meneguhkan komitmen pemerintah untuk melakukan akselerasi transformasi digital. Pemerintah memiliki visi untuk meningkatkan rasio internetifikasi dan menurunkan disparitas akses Internet di wilayah Nusantara, baik secara kualitas maupun secara kuantitas. 

    “Hal Ini dilakukan untuk merealisasikan Visi Besar Indonesia Maju pada tahun 2045. Agenda perluasan akses Internet dan infrastruktur digital ini perlu dilakukan secara holistik,” ujarnya. 

    Menteri Johnny mengatakan pada bulan Agustus lalu, Presiden Joko Widodo memberikan lima arahan percepatan transformasi digital, yaitu Pertama melakukan percepatan perluasan akses Internet dan peningkatan infrastruktur digital. 

    “Kedua, agar dipersiapkan roadmap transformasi digital di sektor-sektor strategis. Ketiga, agar integrasi dan pembangunan Pusat Data Nasional dipercepat. Keempat, agar disiapkan regulasi, skema-skema pendanaan dan pembiayaan transformasi digital secepat-cepatnya. Kelima, agar disiapkan kebutuhan SDM atau talenta digital,” imbuhnya.

    Berita Terkait

    Pandemi Picu Peningkatan Transaksi Online, Kominfo Siapkan Empat Kebijakan Percepat Digitalisasi

    Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail menilai masyarakat semakin cerdas menggunakan platform digital di te Selengkapnya

    Presiden Minta Generasi Muda Jadi Pengguna Digital Cerdas

    Revolusi industri jilid ke-4 atau 4.0 membuat era digital tidak bisa dihindari. Pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia pun semakin memp Selengkapnya

    Kunker ke Batam, Menkominfo Dorong Industri Dalam Negeri Dukung Transformasi Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate melakukan kunjungan kerja ke Batam Kepulauan Riau. Dalam kunjungan kali ini, Menteri Komi Selengkapnya

    Apresiasi Kongres Anak Indonesia, Menkominfo Ajak Kolaborasi dengan Siberkreasi

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menerima kunjungan Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi ata Selengkapnya