FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 10-2020

    106

    Integrasikan Layanan Publik Pemerintah Percepat Digitalisasi Nasional

    Kategori Berita Kementerian | Yusuf

    Jakarta, Kominfo - Pandemi Covid-19 telah mengubah cara kerja, beraktivitas, belajar hingga cara bertransaksi, dari sebelumnya melalui physical space menjadi menjadi digital space (online). Oleh Karena itu, pandemi ini merupakan momentum yang tepat untuk melakukan percepatan transformasi digital.

    Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti menyatakan Kementerian Kominfo telah menyiapkan pusat data nasional (PDN) untuk mendukung integrasi layanan publik pemerintah. Hal itu menjadi salah satu arahan  Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait akselerasi transformasi digital.

    "Ada lima instruksi Presiden Joko Widodo terkait digitalisasi. Oleh karena itu, Kominfo memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya, mengingat transformasi digital merupakan perhatian sangat serius yang disampaikan Presiden Jokowi dalam pidatonya pada tanggal 14 Agustus 2020 lalu," ujarnya dalam acara Penyerahan Penghargaan Revolusi Digital Pelayanan Publik oleh Menkumham, di Graha Pengayoman, Jakarta Selatan, Senin (12/02/2020).

    Mewakili Menteri Kominfo Johnny G. Plate, Sekjen Niken memaparkan arahan pertama dari Presiden Jokowi, Sekjen Niken mengatakan Kominfo diberi tugas untuk melakukan percepatan infrastruktur digital. Menurut Sekjen Niken, Kementerian Kominfo sebagai kementerian yang menangani infrastruktur digital telah membangun berbagai infrastruktur yakni palapa Ring baik di wilayah barat, tengah, timur, dan akan terus melakulan percepatan untuk aksesibilitas internet.

    "Mengingat situasi Covid-19 seperti sekarang ini, digitalisasi ataupun akses internet menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat," tuturnya.

    Hal kedua, Presiden Joko Widodo menurut Sekjen Niken telah memberi mandat kepada Kominfo untuk segera mengintegerasikan transformasi digital melalui peta jalan atau grand design digital Indonesia.

    Ketiga, berkaitan dengan percepatan peningkatan kualitas dan kuantitas sumberdaya manusia digital. Menurut Sekjen Niken, Kementerian Kominfo menyediakan beasiswa Digital Talent Sholarship untuk generasi muda dan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 50.000 beasiswa.

    "Tahun depan, Kementerian Kominfo menyiapkan beasiswa Digital Talent Scholarship (DTS) atau talenta digital untuk 60 ribu SDM. Dan materi yang diajarkan adalah semua keterampilan digital seperti Artificial Intilligence (AI), Cloud Computing, Internet of Things (IoT), Cyber Security, Digital Bisnis, dan lain sebagainya," paparnya.

     

    Integrasikan Layanan Publik

    Untuk arahan transformasi digital yang keempat dari Presiden Jokowi, yaitu adanya percepatan pembangunan Pusat Data Nasional (Data Center) atau yang seringkali disebut sebagai Satu Data Indonesia (SDI).

    "Pemerintah Indonesia telah memulai langkah awal dalam mendukung pembaruan sektor layanan publik di era digital melalui Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan juga melalui Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI)," jelas Sekjen Kominfo. 

    Secara khusus, dalam rangka mempercepat revolusi layanan publik berbasis digital, Kementerian Kominfo tengah mendorong percepatan integrasi data nasional melalui pembangunan Pusat Data Nasional (PDN).

    Lebih lanjut, Sekjen Kominfo menyatakan pihaknya turut mendorong percepatan integerasi data nasional melaui pemvangunan pusat data nasional (PDN), yang akan dibangun di dua lokasi. Satu di Jabodetabek, satu lainnya direncanakan di Ibukota Negara Baru yang diharapkan dapat mulai beroperasi pada tahun 2023. "Tahun ini, Kominfo baru menyiapkan lahan untuk pembangunan pusat data centef (PDN)," terangnya.

    Keberadaan PDN tersebut, menurut Sekjen Kominfo amat krusial untuk memfasilitasi implementasi SPBE, serta mewujudkan satu data Indonesia. Pusat data yang akan dibangun, nantinya mengintegerasikan 2.700 pusat data dan ruang server yang tersebar di 630 kementerian/lembaga maupun daerah di seluruh Indonesia.

    Kehadiran PDN juga akan memperkuat infrastruktur serta manejemen data digital Indonesia terutama dalam tiga aspek yakni: fungsolidasi data, pengelolaan data nasional dan pengelolaan arus, serta interoperabilitas data.

    "Ketiga aspek ini penting dalam memperkuat layanan publik satu pintu yang akurat, terpadu, dan mudah di akses, dan ditambah dengan adanya satu data dari Kemenkumham, tentunya akan mempercepat terwujudnya satu data nasional," ungkap Sekjen Kementerian Kominfo.

    Dalam arahan transformasi digital kelima berfokus pada penyelesaian legislasi primer pendukung ekosistem digital, terutama Rancangan Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi (RUU PDP) dan RUU Cipta Kerja di bidang telekomunikasi/penyiaran yang diharapkan mampu mendorong akselerasi digitalisasi televisi nasional.

     

    Pengukuhan Tim Verifikasi dan Penerima Penghargaan

    Sebelumnya, mengawali acara pengukuhan revolusi digital pelayanan publik Kemenkumham, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengukuhkan tim verifikasi revolusi digital uji kelayakan pelayanan publik Kemenkumham.

    Tim dalam Kemenkumham itu terdiri dari Sekjen Kemenkumham, Inspektorat Jenderal, Dirjen HAM, Dirjen PAS, Dirjen Imigrasi, Dirjen AHU, Dirjen PP, Dirjen Kekayaan Intelektual, Kepala Balitbang Kemenkumham, Kepala BPHN, dan Kepala BPSDM.

    Menteri Yasona juga memberikan Penghargaan Bagi Mitra kerja Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun 2020. Secara rinci penghargaan diberikan kepada:

    1. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bapenas, Suharso Monoarfa atas dukungan dalam Integerasi Satu Data Kemenkumham.
    2. Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Tjahjo Kumolo atas dukungan dalam revolusi Pelayanan Publik Berbasis Digital Kemenkumham.
    3. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate atas dukungan Pengelolaan Data dan Teknologi Informasi Kemenkumham.
    4. Kepala Lembaga Administrasi Negara, atas dukungan dalam Pengembangan Inovasi dan Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Kemenkumham.

    Berita Terkait

    Pandemi Picu Peningkatan Transaksi Online, Kominfo Siapkan Empat Kebijakan Percepat Digitalisasi

    Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail menilai masyarakat semakin cerdas menggunakan platform digital di te Selengkapnya

    Peringkat Literasi Digital Meningkat, Pemerintah Terus Perkuat Gerakan Literasi

    Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, berdasarkan Survei Glob Selengkapnya

    Presiden Minta Generasi Muda Jadi Pengguna Digital Cerdas

    Revolusi industri jilid ke-4 atau 4.0 membuat era digital tidak bisa dihindari. Pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia pun semakin memp Selengkapnya

    Kominfo Dukung Integrasi Pengadaan Barang Jasa Pemerintah

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung digitalisasi sektor pengadaan barang dan jasa. Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengatakan d Selengkapnya