FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 10-2020

    6347

    [DISINFORMASI] Kutipan Marcus Aurelius tentang Opini dan Perspektif

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar sebuah postingan di Instagram dengan kutipan, "Semua yang kita dengar adalah opini, bukan fakta. Semua yang kita lihat adalah perspektif, bukan kebenaran". Diketahui narasi tersebut merupakan kutipan dari Marcus Aurelius yang merupakan filsuf Stoa.

    Berdasarkan penelusuran, kutipan Marcus Aurelius yang mengatakan bahwa “Semua yang kita dengar adalah opini, bukan fakta. Semua yang kita lihat adalah perspektif, bukan kebenaran” adalah keliru. Faktanya, dikutip dari AAP Fact Check, dua akademisi Klasik mengatakan bahwa kutipan tersebut tidak ada dalam tulisan Marcus Aurelius mana pun yang diketahui. Dosen Kajian Klasik Universitas Nasional Australia Dr. Chris Bishop mengatakan kutipan itu tidak dikatakan oleh Aurelius. “Yang paling dekat (dengan kutipan tersebut) yang bisa saya pikirkan adalah akhir dari buku empat, bagian tiga dari Meditasinya di mana dia merenungkan hakikat keberadaan dan menyimpulkan: 'Alam semesta adalah perubahan, dan hidup adalah opini',” ungkapnya.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://factcheck.aap.com.au/social-media-claims/no-evidence-to-link-marcus-aurelius-to-facts-and-truth-quote?fbclid=IwAR3_dg3SXi3GXBJIAauLCOAs80dlZTH3TBpxaDLA0x_3dCXDvzX75iW2a24

    https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1306775879654944/

    Berita Terkait

    [HOAKS] Video Menteri Kesehatan Promosi Susu untuk Pengobatan Tulang dan Sendi

    Selengkapnya

    [HOAKS] Pemberian Giveaway Butuh Surat Keterangan Polisi

    Selengkapnya

    [HOAKS] Surat Edaran Kemenkes RI tentang Kewajiban Penggunaan Masker Kembali

    Selengkapnya

    [HOAKS] Ribuan Akun Palsu Asal Cina Ingin Kacaukan Pemilu 2024

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA