FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 10-2020

    149

    Dirjen IKP: Pilih Fintech yang Bisa Dipercaya!

    Kategori Berita Kementerian | mth

    Jakarta, Kominfo - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Widodo Muktiyo mengimbau masyarakat selalu hati-hati dalam memilih aplikasi peminjaman uang secara daring (Fintech) yang marak dijajakan saat ini. Sehingga, dapat terhindar dari berbagai potensi kejahatan siber yang senantiasa mengancam pengguna internet.

    Arus deras informasi di dunia maya bisa mengakibatkan masyarakat sulit membedakan informasi yang valid terkait dengan aplikasi pinjam daring tersebut. Apalagi, kondisi masyarakat yang saat ini cenderung menggunakan ruang digital sampai delapan jam per hari.

    Akibatnya, terbuka peluang masyarakat untuk dapat terpengaruhi derasnya arus informasi di ruang digital. "Di saat pandemi ini kita menggunakan gadget lebih dari delapan jam per hari. Jadi kita harus memilih menggunakan fintech yang bisa dipercaya saat ini," ujar Widodo Muktiyo melalui streaming Instagram dengan tema "Bijak Mengatur Keuangan di Tengah Pandemi Covid-19" pada Jumat (2/10/2020).

    Menurut Dirjen IKP, ketika mencari aplikasi pinjaman uang secara daring harus merujuk kepada situs-situs pemerintah yang memiliki kewenangan terkait dengan aplikasi tersebut. Dengan begitu, dapat dipastikan aplikasi tersebut tidak akan melakukan tindakan yang melanggar hukum.

    Hal di atas sangat penting dilakukan oleh masyarakat saat ini, karena dalam kondisi pandemi setiap individu harus mampu menggunakan uang dengan bijaksana. Di masa masih mewabahnya Covid-19, membawa dampak buruk kepada berbagai sektor perekonomian dalam negeri. Imbasnya adalah perekonomian tumbuh minus dalam dua kuartal terakhir.

    Gunakan setiap uang yang dimiliki untuk keperluan yang dibutuhkan dalam menghadapi pandemi. Atau uang yang harus dikeluarkan dipergunakan membuka peluang usaha. "Sebaiknya kita menggunakan uang kita untuk kebutuhan produktif," katanya.

    Dalam webminar yang sama, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman (IKPM) Ditjen IKP Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary mengatakan, Kementerian Kominfo telah menggandeng berbagai pemangku kepentingan untuk melakukan edukasi terhadap masyarakat terkait aplikasi pinjam uang secara daring.

    Tujuannya, meningkatkan kesadaran masyarakat, agar dapat membedakan aplikasi pinjam uang daring kredibel dengan yang tidak.

    "Kominfo bekerjasama dengan multistakeholder dan bergandengan tangan dengan berbagai pihak untuk mengedukasi," tuturnya.

    Berita Terkait

    Dirjen IKP: Evaluasi Rutin Konten Agar Berdampak Positif

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo mengatakan, pada tahun 2021 akan mel Selengkapnya

    Dirjen Ingin Keterbukaan Jadi Budaya Kerja SDPPI

    Keterbukaan dan kejujuran diharapkan dapat diteruskan menjadi budaya dalam keseharian kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Sumber Daya da Selengkapnya

    Dirjen Ramli: Panggilan ke Layanan Darurat 112 Gratis

    Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Infomatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ahmad M. Ramli memastikan masyarakat yang melaku Selengkapnya

    Dirjen IKP: 90 Persen Berita Hoaks Diedarkan secara Sengaja

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo menegaskan, sebanyak 90 persen berit Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA