FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 09-2020

    218

    Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai, Presiden Berharap Tingkatkan Konektivitas Pelabuhan dan Industri

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Bogor, Kominfo - Jalan tol Pekanbaru-Dumai akan meningkatkan konektivitas antara ibu kota Provinsi Riau dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju serta kawasan industri dan perkebunan lainnya.

    Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo dalam Peresmian Jalan Tol Pekanbaru-Dumai secara virtual, dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Jumat (25/09/2020).

    “Jalan tol ini juga memperpendek jarak tempuh kota Pekanbaru-Dumai dari sebelumnya 200 kilometer (km) jika lewat jalan nasional menjadi hanya 131 km jika ditempuh melalui jalan tol ini,” ungkap Presiden.

    Dengan kondisi ini, lanjut Presiden, truk-truk pengangkut sawit, pengangkut minyak, angkutan logistik, dan angkutan penumpang akan lebih efisien dari segi waktu maupun segi biaya.

    Menurut Presiden, pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 km menghabiskan biaya Rp12,18 triliun telah rampung dan selesai dibangun sehingga dapat dioperasikan secara penuh, dan sudah bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan produktif, baik untuk masyarakat Riau maupun juga untuk masyarakat yang melintasi Pulau Sumatra.

    “Jalan tol ini merupakan bagian dari jalan tol Trans-Sumatra sepanjang 2.878 KM yang membentang dari Lampung hingga Aceh sebagai koridor utama,” tandas Presiden.

    Turut hadir dalam acara Mensesneg Pratikno dan KSP Moeldoko.

    Berita Terkait

    Hari Santri Nasional 2020: Pemerintah Kuatkan Literasi Keuangan di Kalangan Santri

    Pemerintah berupaya menguatkan literasi keuangan di kalangan pemuda, santri, maupun pelajar agar kepemilikan dan penggunaan rekening terus m Selengkapnya

    Bagikan Banpres Produktif Usaha Mikro, Presiden: Jangan Menyerah

    Sebanyak 30 pelaku usaha kategori tersebut hadir dalam acara penyerahan yang digelar di Gedung Pertemuan Umum Handep Hapakat, Kabupaten Pula Selengkapnya

    Kembangkan Pertanian Berkelanjutan untuk Tingkatkan Pendapatan Petani

    Dalam kunjungan kerja kali ini, Presiden meninjau pengembangan lumbung pangan yang berada di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabup Selengkapnya

    Dorong Penerapan Hasil Inovasi untuk Tingkatkan Produktivitas dan Kualitas Garam Rakyat

    Pembahasan hal tersebut berlangsung melalui konferensi video dari Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 5 Oktober 2020. Selengkapnya