FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 09-2020

    824

    Kominfo Dorong UMKM Manfaatkan Platform Digital

    Kategori Sorotan Media | meit001

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong perusahaan rintisan dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memanfaatkan platform digital untuk mendukung keberlangsungan bisnis mereka di tengah pandemi virus corona.

    "UMKM memang mempunyai potensi tumbuh selama masa pandemi ini karena adanya perubahan perilaku masyarakat dan orientasi masyarakat yang memilih beraktivitas dari rumah saat membeli barang yang dibutuhkan sehari-hari," kata pelaksana tugas Direktur Ekonomi Digital, Direktoran Jenderal Aplikasi Informatika, I Nyoman Adhiarna, kepada Antara, Kamis (17/9).

    Kementerian sejak beberapa tahun belakangan mendorong para pelaku UMKM untuk masuk ke platform digital, terutama di saat pandemi ini agar mereka tetap hidup dan bertumbuh. Data Kominfo untuk tahun 2019, melalui program Ayo UMKM Jualan Online, terdapat 139.337 UMKM yang sudah go online.

    "Dengan memanfaatkan teknologi digital dan dukungan startup lokal, mereka bisa menjangkau lebih banyak pembeli," kata Nyoman.

    Untuk menyiapkan para pelaku UMKM dapat masuk ke platform digital, Kementerian Kominfo menilai mereka perlu mempercepat pembangunan infrastruktur telekomunikasi, meningkatkan keterampilan pelaku UMKM digital dan memberikan literasi digital.

    "Program ini semua akan menjadi prioritas program kerja Kominfo 2021," kata Nyoman.

    Kegiatan yang sudah dilakukan pemerintah untuk mendorong UMKM go digital antara lain berupa pemberian pulsa gratis, dukungan promosi di platform digital, pelatihan pemasaran digital dan bahasa Inggris.

    Survei dari platform perbandingan harga Telunjuk.com menunjukkan tiga dari lima merk perawatan kulit terlaris di e-commerce merupakan produk lokal.

    Telunjuk.com mengutip laporan dari Compas Market Insight Dashboard periode 8 Agustus - 7 September 2020 mencatat merk lokal Lacoco, Avoskin dan Somethinc berada di lima besar merk dengan penjualan dan transaksi tertinggi di Shopee, Bukalapak dan Tokopedia.


    Sumber: Republika.co.id
    Redaktur: Friska Yolandha
    Link: 
    https://republika.co.id/berita/qgsl8l370/kominfo-dorong-umkm-manfaatkan-platform-digital

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA