FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 09-2020

    3104

    [HOAKS] Klaim Bisa Deteksi Virus Corona Covid-19 di Tubuh Tanpa Swab Test

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Telah beredar pesan berantai yang berisi klaim terkait cara mendeteksi Virus Corona Covid-19 di dalam tubuh tanpa perlu melakukan tes swab atau PCR. Dalam pesan tersebut terdapat 7 poin yang merujuk terhadap klaim nya terkait cara mendeteksi Covid-19 tersebut.

    Dilansir dari laman situs Liputan6.com, klaim dalam pesan tersebut mengenai cara mendeteksi Covid-19 di tubuh kita tanpa swab/PCR test adalah tidak benar. Hal tersebut dijelaskan oleh dr Karina Maya yang dihubungi oleh pihak Liputan6.com, mengatakan bahwa pada dasarnya kita tidak pernah tahu adanya Covid-19 di tubuh kita tanpa adanya tes swab PCR. Pemeriksaan PCR dengan swab pada bagian nasofaring dan atau orofaring dianggap sebagai golden standard atau standar utama untuk orang terduga Covid-19. Beliau juga menambahkan bahwa tidak bisa menentukan tubuh kita terinfeksi Covid-19 hanya berdasarkan asumsi atau pengalaman. Harus ada pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter dan bila diperlukan dilanjut dengan pemeriksaan radiologis dan PCR.

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter:

    https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4362248/cek-fakta-tidak-benar-klaim-bisa-deteksi-virus-corona-covid-19-di-tubuh-tanpa-swab-test

    Berita Terkait

    [HOAKS] HIV Menjadi Pandemi Berikutnya Menggantikan Covid-19

    Selengkapnya

    [HOAKS] Cara Deteksi Stroke dengan Gerakan Jari Tangan

    Selengkapnya

    [HOAKS] Garis Horizontal di Batang Hidung Merupakan Tanda Lemah Jantung

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Chat GPT Versi 1.0 Mampu Prediksi Pandemi Covid-19 Sejak Tahun 2006

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA