FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 09-2020

    2789

    Terapkan Digitalisasi Layanan untuk Dukung Percepatan Transformasi Digital

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti meminta seluruh satuan kerja di lingkungan Kementerian Kominfo untuk menerapkan digitalisasi sesuai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Hal itu dibutuhkan sebagai bentuk adaptasi atas perubahan tren teknologi informasi dan komunikasi serta mendukung percepatan transformasi digital.

    "Sekarang ini, Kominfo perlu melakukan redesain terhadap semua area dan layanan kepada masyarakat secara nasional untuk menerapkan digitalisasi data dan data sharing," ungkapnya  dalam Knowledge Sharing Layanan Teknologi Informasi yang berlangsung virtual dari Jakarta, Selasa (22/09/2020).

    Penerapan itu, menurut Sekjen Niken dibutuhkan agar dapat merespons perubahan dan trend teknologi terkini. "Kita harus terus meningkatkan kemampuan teknologi informasi kita untuk merespons perubahan agar adaptif dan lincah mengadopsi tren teknologi yang sangat dinamis," jelasnya.

    Dukungan layanan Kementerian Kominfo, menurut Sekjen Niken bisa diwujudkan dengan menyiapkan layanan publik berbasis data terintergrasi.  "Setiap unit kerja  Kementerian Kominfo harus menyiapkan layanan data pemerintah yang bisa saling berkolaborasi untuk berbagi data guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi. (Hal ini) didorong oleh kemudahan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik khususnya di bidang komunikasi dan Informatika," tandasnya.

    Kementerian Kominfo sudah menerapkan SPBE. Sesuai Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, penyelenggaraanya ditujukan untuk untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. 

    "Dalam pelayanan administrasi dan pelayanan publik di lingkungan Kementerian Kominfo SPBE akan lebih efektif dan efisien," ungkap Sekjen Niken.

    Di akhir sambutan, Sekjen Kementerian Kominfo mengingatkan agar tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19. "Tetap jaga kesehatan, pakai masker, jaga jarak cuci tangan agar kita semua sehat walafiat tak kurang suatu apapun," ujarnya.

    Kegiatan knowledge sharing yang digelar Pusat Data dan Sarana Informatika Setjen Kementerian Kominfo diikuti oleh pengelola data dan teknologi informasi di seluruh satuan kerja Kementerian Kominfo. 

    Berita Terkait

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Acara Puncak Peringatan Hakordia 2023

    Presiden mengungkapkan, sebagai bagian dari upaya pencegahan korupsi pemerintah telah melakukan digitalisasi di berbagai pelayanan, seperti Selengkapnya

    Jaga Kualitas Layanan Telekomunikasi, Kominfo Operasikan Pusat Monitoring

    Operasional PMT bertujuan untuk memastikan bahwa semua aspek pelayanan telekomunikasi, pos, dan penyiaran dapat berjalan baik sesuai dengan Selengkapnya

    Tingkatkan Kualitas Layanan, Kominfo Perkuat Kompetensi Petugas Loket MoTS

    Kementerian Kominfo komit untuk memberikan solusi penggunaan frekuensi radio bagi nelayan dan pelaku usaha di sektor perikanan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA