FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 09-2020

    941

    [DISINFORMASI] Foto Wisuda 4 Ribu Siswa di Sarajevo

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar unggahan foto di media sosial Facebook yang menampilkan sejumlah orang yang sedang berbaris, terdiri dari satu barisan perempuan yang mengenakan seragam hijau dan kerudung coklat, serta barisan lelaki mengenakan jas abu-abu dilengkapi dengan dasi. Unggahan itu disertai dengan narasi yang menyebutkan bahwa foto tersebut merupakan foto acara wisuda 4 ribu hafiz di Sarajevo Bosnia.

    Faktanya, klaim yang menyebutkan foto tersebut merupakan acara wisuda 4 ribu hafiz di Sarajevo Bosnia adalah tidak benar. Berdasarkan penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, diketahui foto tersebut merupakan acara wisuda siswa Sekolah Chei Ibrahim Pasha yang letaknya bukan di Sarajevo, melainkan terletak di Travnik, yang berjarak sekitar 91 km dari ibu kota, Sarajevo. Gambar yang beredar merupakan prosesi lulusan kelas 253, tanggal 12 Juli dan jumlah siswa yang diwisuda pun tidak mencapai 4 ribu orang.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4357781/cek-fakta-benarkah-dalam-foto-ini-wisuda-4-ribu-siswa-di-sarajevo-simak-faktanya

     

     

    Berita Terkait

    [HOAKS] Foto Dua Mayat Pencuri Ayam di Kabupaten Batang

    Selengkapnya

    [HOAKS] Terowongan Bawah Tanah Rumah Sakit Indonesia di Gaza

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Warga Solo Tolak Kedatangan Prabowo dan Gibran

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Presiden Joko Widodo Pecat Ketua MK Anwar Usman

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA