FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 09-2020

    1631

    Gerakan Literasi Digital Siberkreasi Raih Penghargaan di WSIS 2020

    Kategori Sorotan Media | meit001
    Konferensi Pers penghargaan WSIS 2020 untuk GNLD Siberkreasi

    GERAKAN Nasional Literasi Digital Siberkreasi dinobatkan sebagai Winner dari Action Lines WSIS C4 Capacity Building yang terkait dengan pemenuhan tujuan SDGs Goal 4: Quality Education. Sementara Talkshow Literasi Teknologi Informasi Komunikasi Suara Madiun yang digagas Relawan TIK mendapatkan penghargaan sebagai Champion untuk WSIS Action Line Category 9 Media.

    Forum World Summit on the Information Society (WSIS) merupakan platform lintas-pemangku kepentingan di bidang TIK yang bernaung di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Setiap tahunnya, ribuan pegiat TIK dari berbagai latar belakang dan asal negara berkumpul di markas besar Uni Telekomunikasi Internasional (ITU), Jenewa yang kali ini diselenggarakan secara virtual karena pandemi Covid-19. 

    Kompetisi WSIS Prizes adalah ajang tahunan yang mengundang seluruh pemangku kepentingan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dari berbagai negara di dunia untuk menyampaikan inisiatif karya. Penghargaan tersebut mengumpulkan dan mengevaluasi usulan dari seluruh dunia mengenai aktivitas industri TIK, baik perangkat keras, jaringan dan aplikasi melalui proses seleksi yang sangat ketat oleh ITU yang merupakan badan tertinggi PBB pada bidang Teknologi dan Informasi.  

    Pada WSIS Prize 2020 kali ini, terdapat 762 karya atau inisiatif yang terdaftar, dan terdapat 18 penghargaan pemenang utama atau “Winner” dan 72 penghargaan favorit atau “Champion” diberikan pada program terpilih yang berasal dari seluruh dunia. Kompetisi dari ITU PBB, dalam hal ini melalui WSIS Prize, tentu saja menggunakan penilaian berdasarkan kompetensi, kapasitas, kapabilitas dan tranparan yang terukur dan sangat ketat.

    “Semoga kemenangan GNLD Siberkreasi ini dapat menginspirasi gerakan akar rumput juga komunitas TIK, baik di seluruh Indonesia maupun global dalam menyebarkan literasi digital” ujar Yosi Mokalu, Ketua Umum GNLD Siberkreasi dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (8/9).

    Ketua Umum Relawan TIK Indonesia Fajar Eri menambahkan, Relawan TIK di tahun ini untuk ketiga kalinya menjadi champion dalam WSIS Prizes 2020 yang di wakili oleh Relawan TIK Madiun. “Kami yakinkan setiap inisiasi akan dapat langsung di implementasikan pada masyarakat." ujarnya.

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mengapresiasi kemenangan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dan relawan TIK dalam ajang World Summit on The Information Society (WSIS) Prizes 2020.

    "Saya mewakili Kominfo dan tentu saja Menteri Kominfo ingin menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada dua inisiatif tersebut," kata Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Digitalisasi dan SDM Dedy Permadi.

    Ia menambahkan, prestasi ini patut disyukuri mengingat Indonesia masih menghadapi pandemi covid-19 namun dua inisiatif Indonesia yang diakui secara global mendapatkan pengakuan ITU PBB sebagai inisiatif dan Karya yang mampu berkontribusi nyata dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia.

    Terpisah, Menkominfo Johnny G Plate mengeaskan, pencapaian GNLD Siberkreasi dan Relawan TIK menunjukkan bahwa Indonesia merupakan bangsa yang unggul dalam bidang TIK di dunia.

    "Saya berharap penghargaan tersebut terus dapat menginspirasi banyak pihak, bukan hanya komunitas saja tetapi juga individu pribadi, untuk semakin giat dalam melakukan kegiatan literasi digital dan mempersempit digital divide " ujarnya dalam keterangan tertulis.

    Didirikan pada Oktober 2017, GNLD Siberkreasi menjadi wadah bagi 108 mitra institusi pemangku kepentingan majemuk (korporasi/swasta, pemerintah, organisasi masyarakat sipil, komunitas, operator telekomunikasi, platform digital, media, akademisi, pegiat literasi digital). Seluruh pengurus-nya adalah relawan perwakilan mitra yang dipilih secara demokratis, bergantian dan kolektif.

    Sejak 2017 hingga kini GNLD Siberkreasi telah melakukan kegiatan edukasi literasi digital di 462 lokasi, pelatihan 3.137 relawan literasi digital, dengan lebih dari 200.000 peserta aktif, produksi beragam materi literasi digital yang telah diunduh lebih dari 180.000 kali, serta menjangkau setidaknya 75 Juta penduduk Indonesia melalui kegiatan literasi digital baik secara online maupun offline. (OL-7)

    Sumber: mediaindonesia.com
    Pewarta: Suryani Wandari Putri Pertiwi
    Link: https://mediaindonesia.com/read/detail/343292-gerakan-literasi-digital-siberkreasi-raih-penghargaan-di-wsis-2020

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    Menteri Kominfo Ungkap Progres Pengembangan 5G di Indonesia

    Kominfo menyatakan, 5G sudah diuji coba untuk beberapa program di Indonesia. Menteri Johnny Plate pun mengungkapkan progres pengembangan tek Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA