FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 09-2020

    968

    Lantik Widyaiswara Utama, Sekjen Kominfo: Abdikan Diri untuk Transfer Pengetahuan

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti menyatakan pengangkatan menjadi pejabat fungsional merupakan bentuk penghargaan negara karena dapat mengabdi untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada pegawai yang lain.

    "Ini kesempatan untuk mengabdikan diri sebagai pejabat fungsional setelah pengalaman puluhan tahun menjadi pejabat struktural sehingga saat ini bisa melakukan transfer knowledge," ungkapnya usai melantik Sekretaris Ditjen Aplikasi Informatika, Sadjan menjadi Widyaiswa Ahli Utama Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo di Aula Anantakupa, Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (15/09/2020).

    Sekjen Kementerian Kominfo mengharapkan agar widyaiswara dapat kembali belajar secara mandiri dengan terus menggali pengetahuan mengikuti perkembangan pengetahuan dan dinamika masyarakat.

    "Kita wajib selalu bergerak maju, jika tidak kasihan SDM yang kita ajar karena pengetahuan yang dibagi hanya sebatas pengetahuan dan pengalaman kemarin," tuturnya. 

    Mewakili Menteri Kominfo Johnny G. Plate, Sekjen Niken menyatakan pelantikan pejabat merupakan kebutuhan organisasi, apalagi untuk Widyaiswara Ahli Utama yang memiliki jenjang tinggi,

    "Kementerian Kominfo membutuhkan untuk peningkatan kapasitas SDM. Membutuhkan tenaga yang memang ahli puluhan tahun untuk membagikan pengetahuan atau pengalaman kepada yuniornya," ungkapnya.

    Sekjen Kementerian Kominfo menegaskan tantangan bagi widyaiswara salah satunya bagaimana terus belajar. "Dan widyaiswara memiliki banyak kewajiban untuk terus belajar. Selain belajar untuk mandiri juga bagaimana terus berkoordinasi dengan Lembaga Administrasi Negara," ungkapnya.

    Di akhir sambutan, Sekjen Niken mengucapan selamat kepada Widyaiswara Ahli Utama Sadjan. "Tentu kami ucapkan selamat, karena tidak semua yang mengajukan sebagai widyaiswara bisa dilantik. Dan selamat melaksanakan tugas sebagai widyaiswara untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia Kementerian Kominfo," harapnya.

    Widyaiswara Ahli Utama Sadjan menyatakan proses menjadi pejabat fungsional merupakan pengalaman yang luar biasa. "Pertama kali ujian menjadi widyaiswara berlangsung ketika PSBB berlangsung, jadi dilakukan secara virtual di bulan April lalu. Alhamdulillan prosesnya berjalan lancar," ungkapnya.

    Sebagai widyaiswara, Sadjan mengambil keahlian untuk bidang aplikasi dan informatika. "Ketika ujian saya menyampaikan materi kepemimpinan di era teknologi informasi," kenangnya.

    Pelantikan Widyaiswara Ahli Utama itu berdasar Keputusan Presiden No 49/M/2020 tentang Pemberhentian dari Jabatan Tinggi Madya dan Pengangkatan Menjadi Pejabat Fungsional Ahli Utama.

    Acara pelantikan dihadiri oleh Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo Basuki Yusuf Iskandar, Dirjen Aptika Semuel Abrijani Pangerapan, Sekretaris Badan Litbang SDM  Haryati dan Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi Cecep A. Feisal.

    Berita Terkait

    Lantik 21 Pejabat Fungsional, Irjen Kominfo Ajak Tingkatkan Kapasitas Hadapi Tantangan

    Inspektrur Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Doddy Setiadi menyatakan Jabatan Fungsional Auditor memiliki tantangan tersendir Selengkapnya

    Ajak Masyarakat Waspadai Hoaks, Kominfo Sediakan Kontak 24 Jam

    Berita bohong atau hoaks dengan pengemasan sedemikian rupa kerap muncul dan membuat masyarakat percaya. Kementerian Komunikasi dan Informati Selengkapnya

    Siapkan Dua Aplikasi Besar, Kominfo Targetkan Peningkatan IP-TIK

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan Peningkatan Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) atau ICT Devel Selengkapnya

    Kawal Ruang Digital, Menkominfo: Ditjen Aptika Punya Peran Spesifik

    Guna menjaga keamanan, kenyamanan masyarakat, mengawal ruang digital agar bersih, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komun Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA