FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 09-2020

    518

    Ludahi Benih Tanaman Bisa Restrukturisasi DNA? Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo - Beredar informasi di media sosial berisi klaim jika kita meludahi benih tanaman dapat merestrukturisasi DNA tanaman. Narasi konten unggahan itu bahkan menyebutkan bahwa cara itu perlu dilakukan agar menghasilkan makanan yang super saat dipanen.

    Setelah ditelusuri Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika, ditemukan fakta klaim itu salah. Ahli botani Dr David Orlovich dan Dr David Burritt , keduanya merupakan Profesor di University of Otago di Dunedin, Selandia Baru, mengatakan tidak ada mekanisme  biologis yang memungkinkan hal seperti itu terjadi.

    "DNA itu sendiri tidak ditindaklanjuti oleh kekuatan lingkungan seperti 'kekurangan atau kebutuhan', melainkan tubuh manusia itu sendiri akan merespon kekurangan nutrisi, kebutuhan, dll," ungkapnya.

    Pakar hortikultura dari Universitas Queensland Robyn Cave, juga mengatakan bahwa meskipun benih biasa bersentuhan dengan DNA hewan, tidak ada pertukaran alami informasi genetic antara dua organisme yang sangat jauh ini.

    “Mengingat banyaknya DNA hewan yang ditemui tanaman selama siklus hidupnya (misalnya cacing tanah, serangga, burung), tanaman tidak akan mungkin berevolusi dengan cara yang memungkinkannya mengenali kekurangan nutrisi hewan dan mengubah pertumbuhan,” dikutip factcheck.afp.com.

    Berikut daftar lengkap  isu hoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Minggu (13/09/2020):

    1. Informasi Daftar Pasien Klaster Warung Makan Bu Fat Mengatasnamakan Dinkes Kota Semarang
    2. Foto Menteri Agama di Kabinet Jokowi sebagai Pendeta Kristen
    3. Ibunda Cak Nun Meninggal
    4. Akun Facebook Mengatasnamakan Cabup Kepulauan Meranti
    5. Surat Pengangkatan CPNS Mengatasnamakan BKN di Pemkab Sampang
    6. Foto “Telah ditemukan situs peninggalan Prasejarah dimasa Raja Firaun”
    7. Pedangdut Aty Kodong Meninggal Dunia
    8. CEO Netflix Ditangkap dengan Tuduhan Pornografi Anak
    9. Meludahi Benih Tanaman Dapat Merestrukturisasi DNA Mereka

    Berita Terkait

    Gempabumi Magnitudo 9,8 Guncang Labuan Bajo? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim yang beredar tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Serpihan Logam dalam Makanan Bayi? Awas Hoaks!

    Video tersebut beredar dengan narasi bahwa makanan bayi tersebut mengandung logam. Selengkapnya

    SE BI Tak Layani Tukar Uang Baru, Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Pemilu 2024 Tak Gunakan Undangan Fisik, Itu Hoaks!

    Komisioner KPU RI Idham Holik membantah surat pemberitahuan atau undangan fisik untuk pemilih tidak lagi ada pada Pemilu 2024. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA