FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 09-2020

    883

    Kesadaran Pakai Masker Warga Sumut Perlu Ditingkatkan

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Medan, Kominfo - Pandemi Covid-19 yang terjadi di hampir seluruh belahan dunia juga dialami sebagian besar wilayah di Tanah Air. Provinsi Sumatera Utara (Sumut) termasuk salah satu provinsi dengan jumlah kenaikan angka kasus Covid-19 tertinggi di Indonesia.

    Hingga 11 September 2020, jumlah positif Covid-19 di Sumut menembus angka 8.241 kasus dengan tambahan jumlah kasus baru pada hari tersebut sebanyak 131 kasus. Sedangkan, total pasien sembuh sebanyak 4.959 dan meninggal 349.

    Merujuk data tersebut, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan kunjungan kerja dalam rangka sosialisasi kampanye sadar masker sebagai bagian dari upaya percepatan penanganan Covid-19, khususnya di Sumut.

    "Yang paling mendesak adalah kampanye sadar memakai masker karena saya lihat di Sumut ini kesadaran penduduk untuk memakai masker masih rendah, perlu ditingkatkan," ujarnya saat menjadi narasumber seminar dengan tema Sinergitas Muhammadiyah dan Pemerintah Menghadapi Pandemi Covid-19 di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Medan, Sumut, Sabtu (12/09/2020).

    Sosialiasi tersebut oleh Menko PMK juga diikuti dengan aksi nyata bagi-bagi masker kepada masyarakat sekitar lingkungan kampus UMSU. Tidak kurang dari 40 ribu masker diberikan kepada UMSU untuk nantinya dibagikan kepada civitas akademika UMSU serta masyarakat.

    Sesuai arahan Presiden, pemerintah harus berupaya membangun kesadaran masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan dimulai dari memakai masker. Setelah itu akan dilanjutkan dengan kampanye jaga jarak, cuci tangan, dan menghindari kerumunan. 

    "Itu bertahap, tapi pakai masker ini merupakan prasyarat dari protokol yang lain. Kita akan gencarkan terus kampanye pakai masker ini dan saya mohon dukungan semua pihak, termasuk Muhammadiyah dan Pemerintah Sumut," ungkap Muhadjir.

    Namun di samping itu, menurutnya, pemerintah juga tengah berupaya menekan angka kematian atau fatalitas akibat Covid-19. Yakni dengan memberikan bantuan fasilitas alat kesehatan (alkes) seperti Polymerase Chain Reaction (PCR) serta ventilator untuk beberapa RS yang menangani pasien Covid-19.

    Pada kunjungan kerja tersebut, Menko PMK menyerahkan bantuan ventilator untuk RS Umum Muhammadiyah Sumut. Selain itu juga memberikan bantuan kepada RS Adam Malik berupa alat pelindung diri (APD) sebanyak 432 buah serta 3.600 masker.

    "Tujuan saya ke sini juga untuk meninjau pembangunan Gedung Infeksi RSUP H Adam Malik Medan yang dibantu dari sumber dana pemerintah pusat. Dan ini sudah termanfaatkan betul untuk pasien penderita covid kelas berat, untuk yg ringan dan sedang ditanggung di RS di bawah Pemprov," tutur Menko PMK.

    Ia pun meminta kepada Gubernur Sumut untuk tidak hanya fokus pada penanganan masalah Covid-19, tetapi juga harus membangkitkan kembali perekonomian.

    "Ekonomi ini harus ada rem dan gasnya, yang penting jangan rem mendadak dan jangan juga gas pol. Gubernur harus pandai-pandai jangan sampai menangani Covid-19 tetapi ekonomi bermasalah," tegasnya.

    Seraya mengiyakan, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga mengutarakan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan pemerintah pusat khususnya alkes dan obat-obatan yang masih sangat dibutuhkan.

    "Meskipun kami melakukan pengadaan sendiri tapi kami juga butuh bantuan. Apalagi covid ini datang tidak izin sehingga kami tergagap-gagap menghadapinya," pungkas Edy. Koordinasi dengan kemkes ini juga dilakukan juga mengantisipasi variasi bahan dan alat kesehatan beredar di masyarakat.

    Berita Terkait

    UMKM dan Pedagang Jadi Pasar Tulang Punggung Ekonomi Nasional

    Menurut Mendag, digitalisasi sebuah keniscayaan sehingga perdagangan perlu menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Selengkapnya

    Apresiasi Capaian BPKH, Wapres Ingatkan Fokus Peningkatan Investasi

    Dana kelolaan BPKH dinilai cukup besar, dana tersebut harus dikelola dengan sebaik-baiknya karena setiap tahun dana tersebut digunakan untuk Selengkapnya

    Aturan Pemerintah Harus Ikuti Perkembangan Teknologi

    Menteri Zulkifli Hasan mengapresiasi program VID 2045 yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selengkapnya

    Indonesia-Turki akan Terus Kerja Sama Bantu Palestina

    Kedua pemimpin juga membahas penguatan kerja sama bilateral dan sepakat untuk mengintensifkan perundingan Indonesia-Turkey Comprehensive Eco Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA